Amazing Muharram ke-13 “The Faith”, Fatih Karim: Keimanan harus Jadi Pondasi, Panduan Juga Pegangan di Berbagai Kondisi

Amazing Muharram ke-13  “The Faith”, Fatih Karim: Keimanan harus Jadi Pondasi, Panduan Juga Pegangan di Berbagai Kondisi

KABARINDO, JAKARTA - Amazing Muharram telah sukses konsisten menginspirasi dan berdampak kebaikan yang luar biasa kepada khalayak. 

Mengulang  kesuksesan event Amazing Muharram tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2024 kembali  Amazing Muharram 13 sebagai event tahunan persembahan Cinta Quran Foundation. 

"Tahun ini kami mengusung tema utama “The Faith – Believe, Surrender, Unstoppable”. Bahwa keimanan harus menjadi pondasi, panduan, sekaligus juga pegangan di berbagai kondisi atas apapun ujian keteguhan dan keikhlasan yang menantang kita," papar Ustadz  Fatih Karim, kepada awak media, Minggu (14/7/2024) di Hotel Pacific Place Sudirman, Jakarta.

Lalu, lanjut Ustadz Fatih Karim, hal apa yang akan membuat kita tetap bertahan meski sering mengalami kegagalan dalam hidup? Atau apa sebenarnya yang membuat kita mampu melawan hal-hal buruk yang berpotensi membuat kita jatuh terpuruk dan bersedih? Maka di Amazing Muharram 13 ini, semua pertanyaan tersebut akan menemukan jawabannya.

Dikemas dalam bentuk Spiritual Edutainment dipadukan teknologi multimedia membantu para peserta menemukan keimanan sejati. 

Menemukan energi tanpa batas yang akan melahirkan dan memperkokoh keimanan sehingga akhirnya menjadi sosok yang Unstoppable.

"Untuk menyuguhkan jawaban dari keimanan yang sejati, kami hadirkan nara sumber yang kompeten secara ilmu maupun pengalaman. Dengan konsep yang memadukan training, talkshow dan entertaining maka kami berharap Amazing Muharram 13 ini, bisa menjadi pintu pembuka dimulainya proses kokohnya iman," bebernya lagi.

Amazing Muharram 13 digelar pada hari Ahad, 14 Juli 2024 di Grand Ballroom The Ritz-Carlton, Pacific Place Jakarta ini berlangsung dari pukul 08.00—16.00 WIB.

Event ini dimeriahkan oleh para pembicara inspiratif nasional dan internasional, antara lain Ustadz Fatih Karim  [Founder & CEO Cinta Quran, KH. Abdullah Gymnastiar [Da’i Nasional], Ustadz Hilman Fauzi  [Da’i Nasional], Coach Jamil Azzaini  [Inspirator Sukses Mulia], Ustadz Sonny Abi Kim  [Da’i & Co Founder PPA Institute], Arie K Untung  [Public Figure], Pesulap Merah [Public Figure], Coach Asep Supriatna  [Spiritual & People Development Trainer], Putri Ariani  [penyanyi-penulis lagu], Clara Shinta  [Pengusaha- Mualaf/Artis Hijrah], Alvin Adam  [Public Figure], dan Dinan Salman  [Performer].

Dipadati tidak kurang dari 3.500 orang peserta yang hadir menyemarakkan acara ini. Mereka hadir dari berbagai daerah di Indonesia untuk belajar, menjemput inspirasi keimanan dan bergerak bersama untuk menjadikan negeri ini lebih baik.  

Selain menghadirkan rangkaian acara yang menggerakkan pikiran, hati dan perasaan para peserta, Amazing Muharram 13 juga mendedikasikan kegiatannya ini guna mendukung sepenuhnya program Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) dalam memberantas darurat buta aksara Quran di Indonesia. IBBQ menyelenggarakan kelas-kelas pembelajaran Al-Quran tidak berbayar di seluruh pelosok Indonesia, yang sejak tahun 2012 hingga saat ini Alhamdulillah telah membebaskan lebih dari 100.000 orang di Indonesia dari buta aksara Al-Quran dan menjangkau wilayah di 34 Provinsi di Indonesia.

 

pembangunan Masjid Indonesia Pertama di Yokohama, Jepang

Pada kesempatan ini juga, Dengan rasa syukur yang mendalam, Cinta Qur'an Foundation menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan keterlibatan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan Masjid Indonesia pertama di Yokohama. 

"Kami sangat bersyukur dapat mengumumkan bahwa pembayaran atas tanah untuk pembangunan masjid telah lunas per Desember 2023. Hingga saat ini untuk keperluan pembangunan, biaya pajak, perizinan dan lainnya, saldo yang terkumpul adalah 160 juta yen dari total kebutuhan dana 300 juta yen," jelas Fatih Karim lagi.

Progres Pembangunan dan Rencana Ke Depan
Perihal desain bangunan, standar keamanan dan keselamatan, serta pemilihan material, kami telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Jepang. InsyaaAllah, pembangunan akan dimulai pada akhir November 2024. 

Meskipun masjid masih dalam tahap pembangunan, dakwah dan kegiatan ibadah wajib sudah dan terus berjalan di area sewa dekat lokasi tanah wakaf, dikelola oleh Pengurus Masjid As-Sholihin Yokohama.

Cinta Quran Foundation turut serta dalam dakwah kepada warga asli Jepang yang terbuka dan tertarik dengan agama Islam dengan mengenalkan nilai Al-Quran dan budaya muslim. 

Bekerja sama dengan Hajj Kyoichiro Sugimoto, Presiden Chiba Islamic Cultural Center, hingga hari ini, tidak kurang dari 3.000 eksemplar terjemahan Al-Quran dalam bahasa Jepang telah terdistribusi langsung kepada warga asli Jepang melalui berbagai metode dakwah. 

Jumlah tersebut habis terdistribusi dalam waktu kurang dari enam bulan. Kebutuhan akan Quran sangatlah besar karena menjadi sarana untuk menjelaskan dan mengenalkan Islam.

Dalam satu dekade terakhir, jumlah mualaf di Jepang meningkat pesat. Namun, jumlah masjid dan dakwah terkait nilai Alquran dan keislaman masih terbilang minim. Oleh itu, pembangunan Masjid As-Sholihin Yokohama – Masjid Indonesia pertama di Yokohama, dan distribusi Terjemahan Alquran Jepang, menjadi momen dan concern yang sangat diperhatikan oleh oleh Cinta Quran Foundation.

Walaupun dana yang terkumpul belum mencukupi untuk pembangunan masjid, aktivitas syiar Quran di Jepang tetap berjalan. Sambil menanti masjid berdiri, kegiatan keislaman sudah berjalan secara reguler dengan layanan maksimal dari para marbot Masjid As-Sholihin Yokohama yang membuat para jamaah setempat dan luar kota Yokohama berbondong-bondong untuk belajar Islam.

Antusiasme terhadap Islam tidak hanya datang dari saudara Muslim kita di Jepang, tetapi juga menarik perhatian warga lokal Jepang. Bahkan, beberapa di antaranya mengucapkan kalimat syahadat saat momen Idul Adha. 

Cinta Quran Foundation, bersama Sugimoto Sensei, mendukung penyebaran Quran terjemahan Jepang yang diterjemahkan langsung oleh beliau, seorang mualaf dan guru bagi masyarakat di Jepang.

Kajian Islam kepada warga Jepang non-Muslim yang penasaran terhadap Islam juga diselenggarakan, dan kajian Quran kepada mualaf terus berjalan sepanjang pekan.
 
Bayangkan jika dalam syiar Quran tersebut ada investasi wakaf. Dalam tiap batu bata bangunan masjidnya, tiap ayat Quran yang dibaca dan dikaji oleh mereka, dan tiap hati yang terhubung dengan Allah dari wakaf yang ditanam di sana, hasilnya akan kita petik di dunia dan di akhirat kelak.

Mari kita ambil andil besar menjadi jembatan kebaikan untuk saudara kita di Jepang. Bersama Arie Untung, Teuku Wisnu, Chaca Frederica, Lucky Resha, bangun masjid pertama Indonesia di Yokohama dan sebarkan wakaf Quran terjemahan Jepang hingga 100.000 eksemplar nantinya bisa tersebar di seluruh prefecture di Jepang. 

Mari jadi wasilah terhantarnya hidayah Quran di Jepang dan raih double pahala wakaf, yaitu wakaf masjid dan wakaf Quran. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com