Drawing Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Berada di Group C, Timnas Indonesia Hadapi Jepang hingga Australia!

Drawing Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Berada di Group C, Timnas Indonesia  Hadapi Jepang hingga Australia!

KABARINDO, JAKARTA - Drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sudah diketahui. Tim Nasional (Timnas)masuk Grup C bersama tim-tim kuat, seperti Arab Saudi, Australia, hingga Jepang.

Drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia rampung digelar yang berlangsung di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/6/2024) mulai pukul 14.00 WIB.

Timnas Indonesia diketahui jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berhasil melesat ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian ini didapat usai Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up Grup F pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, ada 18 negara yang akan ambil bagian. Tim-tim tersebut dibagi ke dalam enam pot, di mana masing-masing potnya berisikan tiga negara.

Penentuan pot drawing ini berdasarkan ranking FIFA terbaru yang dirilis pada Kamis, 20 Juni 2024. Berkaca dari ranking FIFA itu, Timnas Indonesia menempati pot paling buncit (pot 6) bersama Kuwait dan Korea Utara.

Karena berada dalam satu pot, Timnas Indonesia takkan satu grup dengan Kuwait dan Korea Utara. Skuad asuhan Shin Tae-yong satu grup dengan penghuni pot 1, 2, 3, 4, dan 5.

Pot 1 sendiri diisi Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Kemudian, pot 2 diisi Australia, Qatar, dan Irak. Pot 3 dihuni Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania.

Lanjut ke pot, 4 ada Uni Emirat Arab, Oman, dan Bahrain. Lalu, pot 5 diisi China, Palestina, dan Kirgistan.

Nantinya, ke-negara itu akan diundi untuk masuk tiga grup. Masing-masing grupnya berisikan enam tim. Nantinya, masing-masing tim akan menjalani 10 pertandingan dengan rincian lima laga kandang dan lima laga tandang.

Kini, berdasarkan hasil drawing, Timnas Indonesia tergabung di Grup C. Skuad Garuda akan berhadapan dengan China, Bahrain, Arab Saudi, Australia, dan Jepang.

Sementara itu, di Grup A, menjadi tim neraka juga. Sebab, ada tim-tim kuat di sana, seperti Korea Utara, Kirgistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Qatar, dan Iran. Terakhir, grup ini diisi oleh B, ada Kuwait, Palestina, Oman, Yordania, Irak, dan Korea Selatan.

Nantinya, dua tim teratas dari masing-masing grup akan mendapat tiket langsung ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim peringkat tiga dan empat di masing-masing grup harus melanjutkan kiprah di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berikut Hasil Drawing Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Grup A

1. Korea Utara

2. Kirgistan

3. Uni Emirat Arab

4. Uzbekistan

5. Qatar

6. Iran

Grup B

1. Kuwait

2. Palestina

3. Oman

4. Yordania

5. Irak

6. Korea Selatan

Grup C

1. Indonesia

2. China

3. Bahrain

4. Arab Saudi

5. Australia

6. Jepang