Madura Digicreative Fest 2024, Sinergi Keuangan Digital & Ekonomi Kreatif untuk Perekonomian Madura yang Berkelanjutan

Madura Digicreative Fest 2024, Sinergi Keuangan Digital & Ekonomi Kreatif untuk Perekonomian Madura yang Berkelanjutan

Madura Digicreative Fest 2024, Sinergi Keuangan Digital & Ekonomi Kreatif untuk Perekonomian Madura yang Berkelanjutan

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur bersama Pemkab Bangkalan & Universitas Trunojoyo Madura menggelar Madura DigiCr.eative Fest 2024 di Gedung Pertemuan HM. Noer UTM pada Jumat-Sabtu, 28-29 Juni 2024.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pre-Event Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) 2024, yaitu event flagship tahunan Bank Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta pada Agustus 2024. Kegiatan ini juga dirangkai dan disinergikan dengan perayaan Dies Natalis UTM ke-23.

Erwindo Kolopaking, Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, mengatakan kegiatan tersebut mengangkat tema Sinergi Keuangan Digital & Ekonomi Kreatif untuk menekankan pentingnya harmonisasi perkembangan teknologi dan keuangan digital diiringi kreativitas masyarakat agar semakin tumbuh dan berdaya saing di era digital.

Madura DigiCr.eative Fest 2024 diharapkan dapat menjadi event edukasi bagi masyarakat Kabupaten Bangkalan, untuk mengenal lebih dekat perkembangan transaksi pembayaran secara non-tunai, dan meningkatkan akseptansi / penggunaan kanal-kanal pembayaran digital, khususnya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alternatif cara pembayaran non-tunai di masyarakat.

“Melalui digitalisasi sistem pembayaran, masyarakat dapat melakukan transaksi ekonomi dimana saja dengan Cepat Mudah Murah Aman dan Handal (CeMuMuAh). Hal ini sebagaimana visi yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2019 – 2025,” ujarnya.

Madura Digicreative Fest terdiri atas kegiatan Seminar Ekonomi, Digital Talkshow, TOT 1 .000 Guru, Workshop Kreativitas, lomba-lomba, Showcasing UMKM & Layanan Jasa Keuangan / Fintech, Fashion Show, layanan penukaran uang Bank Indonesia, QRIS Experience serta hiburan musik yang menghadirkan musisi-musisi lokal Bangkalan maupun nasional.

Madura Digicreative Fest diharapkan menjadi forum sinergi dan kolaborasi berbagai pihak untuk melakukan edukasi keuangan bagi masyarakat. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan aktivitas ekonomi untuk mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan menuju Madura yang semakin maju, makmur dan sejahtera.

Foto: istimewa