Wapres Dorong Indonesia Bisa Berdikari dari Segi Perkembangan Teknologi

Wapres Dorong Indonesia Bisa Berdikari dari Segi Perkembangan Teknologi

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong supaya Indonesia bisa berdiri sendiri dalam memanfaatkan produk tekonologi.

Hal itu disampaikan Wapres saat menyampaikan pidato kunci di Konvensi Nasional Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, Senin (7/2/2022).

"Indonesia tidak boleh hanya sebagai pasar yang besar dari produk-produk teknologi digital global. Indonesia mesti memiliki posisi tawar yang kuat dan mampu mengambil manfaat alih teknologi dan inovasi," kata Wapres.

Wapres mengatakan bahwa Indonesia seharusnya bisa berdiri sendiri secara digital, supaya roda ekonomi digital mampu menjangkau seluruh lapisan pelaku usaha,

"Kemandirian digital ini tidak harus diartikan secara saklek dan kaku. Indonesia harus mampu membangun kemandirian secara relatif di hadapan kekuatan-kekuatan platform digital global," tegasnya.

Terus Adaptif

Ia juga meminta agar terus adaptif dengan perkembangan teknologi karena di masa mendatang kemungkinan ada media baru.

BACA JUGA:

Kemenhub: WNA-WNI Pelaku Perjalanan Wisata Luar Negeri Tidak Bisa Naik Dari Bandara Soetta

Di satu sisi, Pemerintah juga ingin mengembangkan aspek positif digitalisasi seperti pemberdayaan ekonomi, kemajuan ekonomi kreatif dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta memberi ruang bagi inovasi digital.

"Di sisi lain, kami ingin tetap melindungi iklim demokrasi, kebebasan berpendapat dan berekspresi melalui regulasi-regulasi yang mengatur segi-segi digitalisasi," ujarnya.

Oleh karena itu, Wapres berharap adaya pengaturan yang sudah proporsional. 

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara