Staf Khusus Menpora, Alia Laksono Apresiasi Kegiatan "DUTA PORA" yang Digagas Dispora DKI Jakarta

Staf Khusus Menpora, Alia Laksono Apresiasi Kegiatan "DUTA PORA"  yang Digagas Dispora DKI Jakarta

"Siapkan diri untuk menjadi pemuda yang dapat menginspirasi masyarakat
untuk hidup lebih sehat melalui olahraga”

KABARINDO, JAKARTA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta bersama Yayasan
Abang None Jakarta Olahraga (Abnon Olahraga), selenggarakan ajang pengembangan diri bagi anak muda “DUTA PEMUDA & OLAHRAGA (DUTA PORA)”.

Bersatu dalam tujuan yang sama, Dispora dan Abnon Olahraga berkomitmen untuk menemukan dan membina potensi anak muda melalui bidang olahraga. 

Staf Khusus Menpora Bidang Kretivitas dan Inovasi Milenial (2019-Sekarang), Alia Noorayu Laksono mengapresiasi akan digelarnya kegiatan Abnon Olahraga yang digagas Dispora DKI Jakarta.

“Dengan kegiatan Duta Pora ini, semoga kedepannya lebih banyak potensi menggairahkan gaya hidup sehat, dan juga lebih banyak melahirkan banyak event olahraga yang berkualitas dan bagus untuk perputaran perekonomian. Tentunya saya bangga menjadi lulusan Abnon serta menjadi Pembina Abnon Olahraga karna banyak yang berkiprah di berbagai macam bidang, terutama bidang entertainment dan olahraga maka akan mudah untuk mendongkrak brand Duta Pora ini,” papar Alia Laksono usai acara diskusi dan penandatangan kerja sama Dispora DKI Jakarta dan Yayasan Abnon Olahraga, di Media Center Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Alia berharap anak muda lebih giat berolahraga, menjunjung hidup sehat dan mau menjadikan olahraga bagian dari lifestyle mereka. 

"Seperti anak-anak muda di banyak negara lainnya, kita juga jangan hanya mengurusi pekerjaan saja tapi juga memperhatikan diri kita sendiri karena jika kita tidak sehat maka tidak akan bisa produktif. Jadi salah satu bagian elemen penting adalah rutin olahraga sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya," jelasnya lagi.

Semenatara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengungkapkan bahwa Abnon Olahraga ini merupakan agen, informasi, sosialisasi seputar dunia keolahragaan dan kepemudaan.

"Dispora DKI Jakarta memiliki kegiatan yang namanya pemilihan Duta Pora yaitu Duta Pemuda dan Olahraga yang nanti sebagai agen hal hal seputar dunia kepemudaan dan keolahragaan. Sebab itu kita butuh figur sebagai agen informasi untuk promosi yang bisa mengajak masyarakat untuk ikut seleksi. Setelah diskusi dari stackholder terkait, diputuskan menggandeng Abnon Olahraga yang sudah mempunyai kemampuan melakukan sosialisasi informasi secara masif seperti kegiatan terkait pariwisata, tetapi juga para alumninya banyak pula penggemar olahraga bahkan ada sebagai influencer kegiatan olahraga yang ingin tahu banyak tentang pengetahuan olahraga dan aktifitas kepemudaan yang bisa membawa kemajuan DKI Jakarta dan Indonesia," terang Andri.

Mereka juga, lanjut Andri, sudah terbiasa melakukan hidup sehat. Karenanya menggandeng mereka fungsi utamanya adalah mensosialisasikan agar Duta Pora 2024 benjalan lancar dan sukses. 

Inisiatif bersama ini, bertujuan membawa era keunggulan sumber daya manusia khususnya anak muda untuk mensosialisasikan serta memotivasi dan menginspirasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat.

Selain itu, perhelatan DUTA PORA juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata olahraga atau “sport tourism” melalui anak muda yang berprestasi di berbagai bidang olahraga. 

Peserta berusia 18 hingga 28 tahun, yang memiliki talenta olahraga yang mumpuni dan kemampuan akademik yang baik merupakan syarat utama untuk menjadi finalis DUTA PORA.

Dispora DKI Jakarta dan Abnon Olahraga mentargetkan 500 pendaftar untuk event kolaborasi perdana ini. 

"Pendaftar dari berbagai unsur, diseleksi menjadi 36 peserta. Kemudian dikerucutkan lagi  dengan melibat pakar dari bidang keolahragaan, kesehatan, kepemudaan, interprenuership, etik dan fashion hingga terpilih juara 1,2,3 dan favorit untuk menjadi Duta Pora DKI Jakarta termasuk nanti mensosialisasikan PON 2024 yang akan digelar di Medan dan Aceh," jelas Andri lagi.

Malam final yang akan berlangsung pada tanggal 10 Agustus 2024 dan berlokasi di
Lippo Mall Kemang Village tersebut, akan menghadirkan Poppy Dharsono, Daniel Timothy
Wenas, Rizky Arief Dwi Prakoso, dr. Evan, M.Kes, Sp.OT (K), FICS, AIFO-K dan Swara Andhika Emil sebagai para juri utama. 

Tentunya untuk menambahkan esensi hiburan, grup band OKAAY juga akan tampil sebagai bintang tamu, dengan estimasi jumlah penonton yang akan hadir mencapai ribuan orang.

Putri Jasmine, salah satu Abnon Olahraga DKI Jakarta mengungkapkan, kegiatan Duta Pora merupakan langkah yang sangat baik di mana banyak temen-temen anak muda yang passion di dunia olahraga dan influencer dan juga bisa meningkat dunia olahraga.

"Selain itu juga ajang ini bisa juga untuk mengembangkan networking dan bisa pula berkolaborasi dengan bidang lainnya. Jadi ajang ini salah satu hal yang bagus sekali untuk meningkatkan karakter anak bangsa," pungkas Putri. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com