Sharp Indonesia Gandeng Ikatan Dokter Indonesia Sosialisasikan Pentingnya Udara Sehat Dalam Ruangan

Sharp Indonesia Gandeng Ikatan Dokter Indonesia Sosialisasikan Pentingnya Udara Sehat Dalam Ruangan

Sharp Indonesia Gandeng Ikatan Dokter Indonesia Sosialisasikan Pentingnya Udara Sehat Dalam Ruangan

Sharp luncurkan Purefit Mini Series, penjernih udara dengan kemampuan ganda

Surabaya, KabarindoMelansir informasi yang dikeluarkan oleh United States Enviromental Protection Agency (EPA) bahwa kadar polutan dalam ruangan memiliki tingkat 2 -5 kali, bahkan hingga 100 kali lebih tinggi dari pada kadar polutan di luar ruangan.

Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap kondisi di dalam ruangan akan lebih aman dari berbagai ancaman polusi yang berbahaya. Nyatanya, kondisi kualitas udara dalam ruang yang buruk, memiliki dampak yang lebih berbahaya dari pada polusi udara di luar ruangan, karena kebanyakan orang menghabiskan sekitar 90% waktu mereka di dalam ruangan.

Banyak penyebab polusi udara dalam ruangan, salah satunya ventilasi udara buruk yang menyebabkan debu, proses pembakaran dalam rumah tangga seperti rokok, memasak, bahan kimia pembersih, bulu binatang, tungau, jamur dan serbuk terjebak dalam ruangan, hingga menyebabkan polusi udara dalam ruangan memiliki dampak yang lebih mematikan. Kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti pneumonia, sakit kepala, sakit tenggorokan, sesak nafas, bersin, iritasi pada mata, stroke hingga jantung.

Pneumonia merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang menyerang organ paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur di udara. Selama beberapa dekade terakhir terjadi peningkatan kasus ISPA secara global dan menjadi penyebab utama kematian pada bayi dan balita. Polusi udara juga memiliki dampak serius pada anak - anak yang dapat menyebabkan gangguan kognitif, yang mempengaruhi perkembangan otak anak, seperti sulit berkonsentrasi yang menyebabkan turunnya kemampuan belajar dan daya ingat, pengembangan paru yang tidak optimal hingga gangguan pada pertumbuhan.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Sharp, produsen produk penjernih udara yang dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyosialisasikan pentingnya menciptakan udara sehat di dalam ruangan.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan melalui kerja sama dengan IDI, Sharp berharap kami dapat berkontribusi lebih banyak dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan udara yang sehat di rumah mereka.

Ciptakan Udara Sehat Untuk Indonesia’ menjadi slogan yang diangkat guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghadirkan kualitas udara yang bersih, sehat dan segar di dalam rumah. Pesan ini sesuai dengan fungsi air purifier dan teknologi Plasmacluster milik Sharp. Seluruh produk air purifier Sharp dibekali ion generator yang menghasilkan Ion Plasmacluster bermuatan positif (H + (H2O) m) dan ion bermuatan negatif (O2– (H2O) n) yang dilepaskan ke udara secara bersamaan. Ion positif dan negatif secara instan mengikat pada permukaan bakteri di udara, jamur, virus, alergen dan sejenisnya, kemudian mengubahnya menjadi radikal OH (hidroksil) yang memiliki daya oksidasi sangat tinggi.

TeknoIogi Plasmacluster menjadi teknologi pemurnian udara yang bekerja untuk menekan aktivitas bakteri dan lain-lain dengan memecah protein di permukaan tubuh mereka melalui reaksi kimia. Teknologi Plasmacluster mampu menghilangkan bau, melumpuhkan virus, bakteri dan kuman serta mengurangi pertumbuhan jamur dan listrik statis. Teknologi ini telah dipatenkan oleh Sharp dan sudah lebih dari 40 lembaga riset di dunia melakukan uji coba kemampuan Plasmacluster dalam melumpuhkan 99.9% beragam virus penyakit pernafasan dan mampu meningkatkan konsentrasi pada pengemudi kendaraan.

“Kami dari Ikatan Dokter Indonesia mengapresiasi Sharp Indonesia yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Dampak polusi udara dalam ruang ini menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan yang utama di Indonesia. Sesuai dengan program kesehatan pemerintah, kami berharap melalui kampanye ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat hingga dapat menyukseskan program pemerintah dalam mengurangi kasus angka kematian akibat Pneumonia yang terjadi di Indonesia,” ujar dr. Ulul Albab, Sp.OG, Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pada Rabu (3/7/2024)

Dari penelitian yang dilakukan oleh Sharp, 9 dari 10 produk air purifier dengan teknologi Plasmacluster dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruang. Penelitian ini dilakukan melalui kerja sama antara Sharp dan lembaga survei medis dan farmasi, MIMS.

Bersamaan dengan acara penandatangan surat kerja sama antara Sharp dan Ikatan Dokter Indonesia, Sharp merilis produk air purifier terbarunya yaitu Sharp Purefit mini – series yang melengkapi line-up Air Purifier Purefit sebelumnya yang didisain dengan coverage area terbesar yaitu 84m2,

“Sharp Purefit mini – series ini kami hadirkan untuk memenuhi permintaan pasar dengan coverage area yang lebih kecil. Permintaan Air Purifier dengan kapasitas kecil cenderung meningkat, dan tren Air Purifier sekarang didisain stylish agar cocok dengan disain kamar anak ataupun ruangan yang kecil. Produk ini masih mengusung tema Pure Air Pure Lifestyle yang memadukan antara inovasi teknologi dengan interior rumah,” ujar Yudha Eka Putra, PSG Manager for AC dan Air Purifier, PT Sharp Electronics Indonesia.

Foto: istimewa