Semifinal Beregu Tenis Meja PON: Putra-Putri Jakarta Bertemu Jatim dan Jabar

Semifinal Beregu Tenis Meja PON: Putra-Putri Jakarta Bertemu Jatim dan Jabar

KABARINDO, MEDAN--Putra Jakarta menantang Jatim, sementara tim putrinya menghadapi Jabar, di babak semifinal kompetisi tenis meja PON XXI-2024 Sumut-Aceh. Laga semifinal digelar Kamis (12/9) mulai pkl 09.00 WIB di GOR Angsapura, Medan. Duel perebutan medali emas dilangsungkan siang harinya, mulai pkl 13.00 WIB.

Di kelompok putra, laga semifinal lainnya mempertemukan Jabar vs Lampung. Di putri, Sulteng versus Jatim. 

Tim putra Jakarta melenggang ke babak empat besar setelah melindas Jateng 3-1 di babak perempat-final Rabu (11/9) malam. Tunggal pertama Fernando Palar kembali menjadi penentu pelolosan timnya, dari dua kemenangan yang diraihnya. 

Di putri, mengandalkan kakak-beradik Mira Fitria dan Rina Sintya, tim Jakarta masih terlalu tangguh bagi tim Sumut. Trio Mira Fitria, Rina Sintya, dan Tasya unggul 3-1 atas Sumut.

Pelatih tim putra Jakarta, Anang Sutriyono, dan pelatih putri Syaiful, menyebut laga semifinal melawan Jatim dan Jabar sebagai partai 'do or die'.

"Tim putra Jatim mungkin lebih diunggulkan, tetapi Fernando dan kawan-kawan punya semangat juang yang luar biasa. Yang penting mereka bisa bermain lepas, juga jangan emosi," papar Anang.

Menurut Syaiful, pertarungan tim putrinya dengan Jabar pasti akan ramai. "Style permainan mereka hampir serupa, tinggal siapa yang lebih siap. Saya yakin anak-anak sudah sangat siap menghadapi Jabar," kata Syaiful, yang tekun menyaksikan laga Jabar vs Jateng yang tergelar lima partai dan seluruhnya berakhir tiga gim.

"Mira, Rina dan Tasya sudah sering bertemu Almira, Deby dan Vera dari Jabar. Jadi mereka sudah saling mengenal permainannya," ujar Syaiful.

Syaiful menegaskan kembali tentang target peraihan medali emas tenis meja ini. "Sejak awal kita canangkan target tiga medali emas, yakni dari beregu putri, serta tunggal dan ganda putri," jelasnya.

Namun, medali emas beregu putri juga menjadi target Jabar, sebagaimana diungkap Anton Suseno. Mantan pemain nasional yang pernah berlaga di Olimpiade ini menilai, laga semifinal ibarat real-final.

"Ramai pastinya," sebut Anton Suseno. Menurut dia, peluang kedua tim sama besar.

"Anak-anak Jakarta menang di babak prakualifikasi PON, tetapi kami membalasnya di kejurnas tahun ini," seru Anton Suseno.

Pemenang laga semifinal putri antara Jakarta vs Jabar di babak final akan bertemu pemenang Sulteng vs Jatim. Bobby Regar, pelatih tim Sulteng, menyebut jika para pemainnya bisa membuat kejutan mengalahkan Jatim yang lebih diunggulkan.

"Jatim punya Christine dan Aminah yang stabil. Tetapi, saya juga mungkin tak mengubah the winning team hingga ke babak semifinal ini. Aisyah, Dela dan Asha tetap jadi andalan," ujar Bobby Regar.

HASIL PEREMPAT FINAL
BEREGU PUTRA: 
Jabar vs Sumut 3-0, Lampung vs Bali 3-1, DKI Jakarta vs Jateng 3-1, Jatim vs Kalsel 3-0.
BEREGU PUTRI: 
DKI Jakarta vs Sumut 3-1, Jabar vs Jateng 3-2, Jatim vs Bali 3-2, Sulteng vs Kaltim 3-0.