Memerangi Stunting di Cilincing IPCC Gunakan Jurus Gembira

Memerangi Stunting di Cilincing IPCC Gunakan Jurus Gembira
Memerangi Stunting di Cilincing IPCC Gunakan Jurus Gembira

KABARINDO, JAKARTA -- PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dengan kode saham (IDX:IPCC) menyelenggarakan seremonial pembukaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) GEMBIRA (Gerakan Masyarakat Bersih dan Sehat). IPCC berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar secara berkelanjutan melalui berbagai program TJSL. Dalam upaya membangun lingkungan kerja yang kondusif, maka diperlukan peran serta upaya kolaboratif dari berbagai pihak sehingga keseimbangan kehidupan sosial dapat berjalan seiring dengan pertumbuhan Perusahaan. Program Pengentasan Anak yang Berisiko masuk dalam kategori Stunting di lingkungan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Turut hadir di dalam kegiatan di Kalibaru tersebut Lurah Kalibaru, Bapak Rusmin, Dokter Puskesmas Kalibaru, dr. Muvinda Yuningrum, dan perwakilan IPCC, ASM Komunikasi Perusahaan dan CSR Mochamad Ilhamsyah.

Seremonial Program TJSL tersebut dimulai dengan sosialisasi seputar Stunting yang diberikan oleh pihak Puskesmas dan dilanjutkan dengan pemeriksaan ibu hamil untuk mendeteksi sejak dini kondisi janin. Acara yang dihadir oleh 60 orang tua dan 30 orang anak bertujuan untuk mendeteksi dini kasus stunting pada anak, memantau Kesehatan ibu hamil dan janin, memberikan edukasi mengenai gizi dan kesehatan ibu dan anak serta pemberian PMT lokal. Program TJSL tersebut akan dilaksanakan selama 54 hari dengan pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada para peserta sebagai Langkah konkret IPCC dalam mengentaskan bayi stunting sejak dini.

“Sejalan dengan program Pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting pada tahun 2024, Kami selaku perwakilan pemerintah wilayah Kalibaru sangat mendukung program IPCC GEMBIRA ini dan diharapkan Masyarakat berperan aktif dalam pengentasan stunting di lingkungan Kalibaru sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan aktif” ucap Rusmin.

Dalam pemberian sosialisasi, dr. Muvinda menambahkan “kami turut prihatin dalam dengan keadaan bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR) terutama Cilincing merupakan salah 1 penyumbang angka BBLR sehingga dibutuhkan uluran tangan dari semua pihak untuk turut serta membantu mengentaskan masalah ini. Kami menyambut hangat program TJSL IPCC GEMBIRA yang diharapkan kedepannya dapat mengurangi angka BBLR dan memperluas dampak positif pengentasan bayi stunting”.

Tidak hanya melaksanakan program TJSL GEMBIRA, IPCC juga turut menerapkan Peraturan Direksi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) tentang program keterlibatan Employee Social Responsibility (ESR)  yang bertujuan mendekatkan hati, jiwa dan raga para insan Pelindo kepada kehidupan warga disekitar wilayah kerja Pelindo yang diharapkan mampu menumbuhkan empati dan menggali inovasi dan ide kreatif khususnya pada bidang TJSL.

“Sebagai langkah nyata IPCC hadir ditengah-tengah masyarakat dengan mengusung tema besar IPCC Peduli, diharapkan dengan salah satu program TJSL yaitu IPCC GEMBIRA dapat menjadi pendobrak untuk menurunkan angka bayi stunting di wilayah Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing sehingga bayi dapat tumbuh lebih sehat, cerdas dan ibu Bahagia. Kedepannya program ini juga akan dijadikan program unggulan yang berkelanjutan sehingga dampaknya akan terasa lebih luas bagi masyarakat sekitar dan memberikan pemahaman bahwa keberadaan IPCC ditengah kehidupan warga dapat menjalin keterikatan batin yang apda akhirnya memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. 

Dengan adanya program ESR IPCC juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian karyawan terhadap masalah di Masyarakat dan menemukan solusi efektif untuk menguranginya sehingga masayarakat Kalibaru dapat bersaing di era modern kedepannya dan menjadi calon penerus keberlangsungan IPCC dimasa mendatang”, tutup Ilham.