Hari Ini Dikabarkan Presiden Jokowi Reshuffel Kabinet!

Hari Ini Dikabarkan Presiden Jokowi Reshuffel Kabinet!

KABARINDO, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024. Sejumlah nama masuk kocok ulang menteri.

Reshuffle kabinet sendiri dikabarkan akan dilakukan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada pagi hari. Proses itu dilakukan seiring dengan prosesi pelantikan.

"Pagi (jam) 9," kata sumber pemerintah saat dikonfirmasi, Minggu 18 Agustus 2024. 

Soal siapa menteri yang akan direshuffle, sumber pemerintahan tersebut enggan mengungkap nama-namanya. Sementara itu, beredar luas sejumlah nama menteri di Kabinet Indonesia Maju yang bakal terkenal reshuffle.

Sederet nama yang beredar bakal direshuffle yakni, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly dari PDIP yang akan digantikan Supratman Andi Agtas dari Partai Gerindra. Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dari Nasdem digantikan Raja Juli Antoni dari PSI.

Selanjutnya ada Menteri ESDM Arifin Tasrif diganti Bahlil Lahadalia dari Partai Golkar. Kursi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang ditinggalkan Bahlil akan diisi Rosan Roeslani, bekas ketua tim pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain menteri, ada dua kepala badan yang bakal dilantik Jokowi. Dua kepala badan tersebut, yakni Kepala Badan Gizi, yakni Dadan Hindayana dan Kepala Badan Pangan Rahmat Pambudy.