DK PBB Pastikan Gencatan Senjata di Gaza

DK PBB Pastikan Gencatan Senjata di Gaza

KABARINDO, JAKARTA -- Dunia mengapresiasi pengadopsian resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang menuntut gencatan senjata di Gaza. Banyak pejabat di seluruh dunia menyambut baik resolusi tersebut.

Meskipun Amerika Serikat (AS) abstain dalam pemungutan suara pada Senin (25/3/2024), 14 anggota dewan lainnya mendukung resolusi tersebut. AS menilai resolusi itu tidak sempurna, karena tidak disetujui oleh keseluruhan anggota DK PBB.

Resolusi yang diajukan 10 anggota DK PBB itu menyerukan gencatan senjata segera selama bulan suci Ramadan, menyerukan gencatan senjata yang langgeng, pembebasan semua sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza, dan penghormatan terhadap hukum internasional dari masing-masing pihak terkait penahanan.

Kementerian luar negeri Palestina dalam sebuah pernyataan menjelaskan mengadopsi resolusi tersebut adalah sebuah langkah ke arah yang benar untuk mengakhiri invasi Israel, memungkinkan masuknya bantuan, dan memulai pemulangan para pengungsi.

Kementerian itu juga meminta negara-negara anggota DK PBB untuk memenuhi tanggung jawab hukum mereka untuk segera menerapkan resolusi tersebut. Termasuk menekankan pentingnya mencapai gencatan senjata permanen setelah bulan Ramadhan, bersama dengan mengamankan masuknya bantuan, berupaya membebaskan tahanan, dan mencegah pengungsian paksa.

Anggota Komite Sentral Fatah Palestina, Sabri Saidam mengatakan resolusi tersebut merupakan langkah ke arah yang benar menuju berakhirnya pembantaian yang sedang berlangsung di Palestina.

"Konsensus yang kita saksikan hari ini harus membuka jalan bagi pengakuan penuh atas hak-hak rakyat Palestina dan kemerdekaan Negara Palestina yang banyak tertunda,” kata Saidam.

Pejabat Hamas, Basem Naim, mengatakan mereka berkomitmen terhadap ketentuan resolusi tersebut dan mengatakan Israel harus bertanggung jawab dalam menaatinya. “Adalah peran komunitas internasional untuk mewajibkan Israel dan mengakhiri standar ganda ini,” ujar Naim.

Pertanyaannya sekarang, kata dia, seberapa kuat komunitas internasional memastikan Israel menerapkan resolusi ini. Dia ini juga menekankan perlunya mencapai gencatan senjata permanen yang mengarah pada penarikan seluruh pasukan Israel dari Jalur Gaza, dan menegaskan kesiapannya untuk segera terlibat dalam proses pertukaran yang mengarah pada pembebasan tahanan di kedua belah pihak. Red dari berbagai sumber