Breaking: Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Breaking: Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

KABARINDO, JAKARTA - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka  resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Pelantikan Prabowo-Gibran digelar dalam Rapat Paripurna MPR RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Prabowo-Gibran pun menyampaikan sumpah presiden dan wakil presiden. 

"Bismillahirohmanirohim, demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajian Predisen Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilanya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-selurusnya serta berbakti pada nusa dan bangsa," ujar Prabowo saat mengucap sumpah.

Sumpah tersebut selanjutnya diucapkan oleh Gibran Rakabuming Raka selaku Wakil Presiden. Prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Berita acara pelantikan juga ditandatangani oleh pimpinan MPR RI dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan purnatugas.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran yang diusung Koalisi Indonesia Maju mendapatkan suara 96.214.691 (58.59%), Anies-Muhaimin yang diusung Koalisi Perubahan hanya meraih 40.971.906 (24,95%), kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung PDIP dan partai non parlemen, meraih 27.040.878 (16,47%).

Prabowo sebelumnya menyampaikan berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang tidak memilihnya. "Kami akan buktikan bakal jadi presiden-wakil presiden, dan pemerintah yang akan bekerja sekeras-kerasnya untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Rabu 20 Maret 2024.

Koalisi Indonesia Maju atau KIM pengusung Prabowo-Gibran terdiri dari Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Garuda, Gelora. Sementara partai pendukung Berkarya, Prima, Partai Aceh. Seiring waktu, partai lain ikut bergabung setelah Prabowo-Gibran menang, hingga menjadi KIM Plus, yakni NasDem, PKB, PKS, PPP, Perindo, dan Partai Buruh. Foto: Antara