BI Jatim Siapkan Uang Rp.23,2 triliun, Penuhi Kebutuhan Ramadan & Idul Fitri 2024

BI Jatim Siapkan Uang Rp.23,2 triliun, Penuhi Kebutuhan Ramadan & Idul Fitri 2024

BI Jatim Siapkan Uang Rp.23,2 triliun, Penuhi Kebutuhan Ramadan & Idul Fitri 2024

Layanan penukaran uang disediakan BI Jatim dan perbankan mulai 15 Maret - 5 April 2024

Surabaya, Kabarindo- Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) telah menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp.23,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Seluruh rangkaian kegiatan layanan kas pada momen Ramadan dan Idul Fitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang mengambil tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah" yang secara resmi dilakukan Kick Off pada Selasa, 19 Maret 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Erwin Gunawan Hutapea, menyebutkan jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 4,04% dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar Rp.22,3 triliun. Kenaikan jumlah ULE yang disiapkan ini sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2024.

“BI Jatim selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahun. Pada tahun ini penguatan program di antaranya modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran,” ujarnya.

Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai jenis layanan penukaran uang yang disediakan BI Jatim dan perbankan mulai 15 Maret - 5 April 2024. Penukaran uang dapat dilakukan di 500 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di 13 kota/kabupaten maupun penyediaan layanan penukaran uang melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern.

BI Jatim bekerja ama dengan perbankan akan menyelenggarakan layanan kas regular, terpadu, tematik dan peduli mudik. Pada 2-5 April 2024, BI Jatim menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yang meliputi Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Bandara Juanda serta Rest Area Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang. Untuk mendapatkan layanan penukaran uang yang lebih baik melalui kas keliling dan layanan penukaran terpadu, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR: https://pintar.bi.go.id.