BI Jatim Kampanye Penggunaan QRIS di Sektor Transportasi & Pariwisata, Rayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

BI Jatim Kampanye Penggunaan QRIS di Sektor Transportasi & Pariwisata, Rayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

BI Jatim Kampanye Penggunaan QRIS di Sektor Transportasi & Pariwisata, Rayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Gandeng Pemkot Surabaya dan Bank Jatim

Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka mendorong pemanfaatan inovasi Ekonomi Keuangan Digital (EKD), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (BI Jatim) bersama Pemerintah Kota Surabaya didukung oleh Bank Jatim, menyelenggarakan program kampanye penggunaan QRIS di sektor transportasi, perparkiran dan pariwisata pada Sabtu,17 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertepatan dengan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan sebagai rangkaian dari kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) di Jatim yang mengusung tema “Pakai QRIS untuk Indonesia Maju”.

Menurut Kepala Perwakilan BI Jatim, Erwin Hutapea, kampanye tersebut juga sebagai upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat Surabaya dalam transaksi People to Government (P2G) menggunakan kanal pembayaran digital QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Bentuk kampanye ini melalui pemberlakuan tarif spesial Rp.79 bagi pengguna QRIS di 13 titik e-parking, layanan transportasi umum seperti Suroboyo Bus dan feeder WiraWiri Suroboyo, tiket masuk obyek wisata Museum 10 Nopember, THP Kenjeran, Perahu Kalimas serta Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT).

Pekan QRIS Nasional (PQN) berlangsung pada 12 -18 Agustus 2024 dengan serangkaian kegiatan meliputi Edukasi QRIS, Onboarding Merchant & Pengguna QRIS, Showcase Merchant QRIS, Hiburan dan Perlombaan. Puncak acara PQN Jatim akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2024 dalam bentuk event “Surabaya QRIS Run 2024” dan ditutup dengan "Pasar Rakyat 17an" di area Kota Lama Surabaya.

Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan akseptasi QRIS yang meliputi transaksi, merchant dan pengguna melalui kegiatan onboarding, edukasi, showcase, hiburan dan perlombaan serta penguatan literasi QRIS. Juga mendukung pencapaian program implementasi 55 juta pengguna QRIS di Indonesia dan 2,5 miliar volume transaksi QRIS secara nasional.

Seluruh rangkaian kegiatan PQN di wilayah kerja Bl Jatim didukung oleh Badan Musyawarah Perbankan Jawa Timur (BMPD Jatim), Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan non-bank serta pemerintah daerah.

“The Power of We” ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi berbagai pihak untuk menyukseskan implementasi digitalisasi pembayaran, khususnya QRIS,di Jatim.

Foto: istimewa