Bertemu Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh di Doha, Jusuf Kalla: Semua harus Membuat Rencana Kemanusiaan untuk Gaza

Bertemu Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh di Doha, Jusuf Kalla: Semua harus Membuat Rencana Kemanusiaan untuk Gaza

KABARINDO, DOHA  Wakil Presiden ke 10 dan 12 RI, Jusuf Kalla, bertemu selama dua jam dengan Ismail Haniyeh,  Pemimpin Politik Gerakan Hamas di Doha, 12/7. Pada kesempatan ini, Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa kepada bangsa Palestina yang menjadi korban selama konflik, menegaskan sikap solidaritas serta dukungan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. 

JK selanjutnya menguraikan bahwa mata dunia sekarang tertuju ke Gaza. Semuanya prihatin dengan kondisi keamanan dan semua aspek  kehidupan di Gaza. Dunia tersentuh dan menyayangkan tragedi kemanusiaan tersebut. 
Selaku Ketua Palang Merah Indonedia, JK mengungkapkan betapa peliknya  mendistribusikan bantuan ke Gaza akibat blokade Israel.

Untuk menciptakan perbaikan kondisi di Palestina. Jusuf Kalla, menyarankan agar organisasi Hamas tetap harus menunjukkan persatuan dan kebersamaan dengan Al Fatah. Begitu pula dengan hubungan internal Hamas sendiri. Tanpa kesatuan aspirasi sert institusi hanya akan menambah pelik penyelesaian masalah Gaza.

Selanjutnya, kata JK, kita semua harus membuat rencana kemanusiaan untuk Gaza, misalnya, menyusun program  berdasarkan skala prioritas, seperti mengobati korban luka dan sakit, menyelamatkan wanita, orang tua dan anak anak sehingga tidak menambah jatuhnya korban perang.

Namun, JK mengingatkan kepada Haniyeh, semua ini hanya bisa efektif manakala kekerasan bisa dihentikan lebih dulu. 

Jika kekerasan dapat dihentikan, maka  rekonstruksi dan rehabilitasi Gaza, secara otomatis dapat dilaksanakan. Segala ikhtiar kita semua harus diawali dalam perspektif kemanusiaan, bukan soal politik dan pandangan idrologis.

Sementara itu, Ismail Haniyeh, sangat memuji posisi dan peran diplomatik Republik Indonesia, pemberian bantuan kemanusiaan kepada rakyat di Gaza, kontribusinya dalam merawat korban luka, gerakan kerakyatan dalam demonstrasi, dan solidaritas luas mereka terhadap rakyat Palestina. Dalam pertemuan ini Ismail Haniyeh juga menjelaskan kondisi terkini di Gaza, masalah kemanusiaan dan politik.