Wardah Dukung Kemajuan Pendidikan Indonesia Melalui Wardah Inspiring Teacher 2024

Wardah Dukung Kemajuan Pendidikan Indonesia Melalui Wardah Inspiring Teacher 2024

Wardah Dukung Kemajuan Pendidikan Indonesia Melalui Wardah Inspiring Teacher 2024

Surabaya, Kabarindo- Wardah kembali menghadirkan Wardah Inspiring Teacher (WIT) 2024, sebuah program yang didedikasikan untuk mengapresiasi dan mendukung peningkatan kapasitas guru di seluruh penjuru Indonesia.

Tahun ini, lebih dari 18.500 guru dari Sabang sampai Merauke mendaftarkan diri untuk mengikuti program yang telah menginspirasi banyak perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dari jumlah tersebut, terpilih 3.000 guru dari 386 kota dan kabupaten yang siap mengikuti perjalanan transformatif bersama WIT.

Dengan tema "Bangga Menjadi Guru, Berani Menginspirasi", WIT 2024 membawa semangat baru yang menegaskan peran penting para guru dalam mencetak generasi masa depan. Program ini diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri para pendidik dalam menjalankan peran mereka sebagai pilar penting pendidikan.

Pembukaan WIT 2024 berlangsung secara hybrid pada Minggu (22/9/2024), menggabungkan acara di kantor pusat ParagonCorp di Jakarta Selatan dengan sesi nonton bersama Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, Makassar, Pekanbaru dan Samarinda.

Suci Hendrina, Head of Corcom & CSR ParagonCorp, menyampaikan pandangannya tentang perjalanan WIT yang telah berlangsung 7 tahun. Ia mengatakan, setiap guru memiliki potensi besar untuk menginspirasi. Dengan pendekatan Human Design – Be, Think, Do, Feel, WIT 2024 diharapkan dapat membantu para guru menggali potensi diri mereka dan menerapkan dalam kelas dan masyarakat.

"Kami percaya bahwa guru adalah pilar penting bagi kemajuan bangsa. Melalui Wardah Inspiring Teacher, kami ingin para guru bangga akan peran mereka serta berani untuk terus menginspirasi dan berinovasi. Dengan pendekatan 'Be, Think, Do, Feel', kami berharap mereka mampu membawa perubahan nyata untuk diri mereka sendiri maupun lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Acara tersebut menghadirkan sosok-sosok inspiratif yang berbagi pandangan tentang pentingnya peran guru dalam membentuk masa depan bangsa yaitu Coach Didi Mudita, penulis buku Showtime, dan Analisa Widyaningrum, CEO Analisa Personality Development Center. Dalam sesi ini, guru-guru belajar cara-cara untuk menjadi lebih empatik dan efektif dalam berkomunikasi serta memperkuat hubungan dengan murid-murid mereka

Didi menggali pentingnya mindset positif dan self-leadership bagi para guru. Ia berbicara tentang bagaimana setiap guru bisa membangun kepercayaan diri untuk tampil berani di kelas dan menjadi inspirasi bagi murid-muridnya. Melalui buku Showtime, Didi menunjukkan bahwa kemampuan untuk memimpin diri sendiri adalah langkah pertama untuk menciptakan perubahan yang lebih besar dalam lingkup pribadi maupun di lingkungan pendidikan

Sementara itu, Analisa membahas pentingnya pengembangan diri bagi para pendidik dengan pendekatan psikologi yang berfokus pada peningkatan emosi dan interaksi sosial. Ia membahas bagaimana para guru dapat lebih memahami dan mengelola emosi mereka untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan memotivasi para siswa.

Kedua pembicara tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan baru yang aplikatif bagi para peserta WIT 2024, mendorong mereka untuk berkembang sebagai individu maupun pendidik yang berani menginspirasi dan membawa perubahan di dunia pendidikan.