Nadhif Basalamah dan Henry Moodie Bagikan Kisah Dibalik Proses Penulisan Lagu-Lagu Hit-nya

Nadhif Basalamah dan Henry Moodie Bagikan Kisah Dibalik Proses Penulisan Lagu-Lagu Hit-nya

KABARINDO, JAKARTA - Alumni Spotify RADAR Indonesia 2023, Nadhif Basalamah, bersama dengan artis internasional Henry Moodie membagikan proses kreatif dibalik lagu-lagunya yang sukses menapaki puncak tangga lagu Spotify Indonesia pada diskusi yang digelar di kawasan Gunawarman pada Selasa (7/5) dan dihadiri oleh para artis Spotify RADAR Indonesia lintas angkatan dari tahun 2022 hingga 2024.

Sebagai wujud dukungan berkelanjutan Spotify kepada para artis pendatang baru, dialog bersama para musisi ini memberikan kesempatan bagi artis RADAR Indonesia untuk ikut bertukar pikiran tentang strategi kreatif, penulisan lagu, produksi musik, hingga tantangan yang dihadapi di industri musik saat ini. Selama sesi diskusi, Nadhif Basalamah membagikan pengalamannya selama proses penulisan lagu hit-nya, ‘penjaga hati’, serta apa yang mendorongnya untuk terus berkarya.

“Pengalaman menjadi artis muda yang pernah berada di puncak tangga lagu di Spotify telah membantu aku untuk mempertahankan harapanku dalam proses penulisan lagu di kemudian hari. Sebagai seorang musisi, aku harus memiliki pola pikir yang positif dan juga tentunya harus menyukai apa yang aku ciptakan. Setelah single ‘penjaga hati’ didengar oleh banyak orang, aku terus mengingatkan diri sendiri bahwa aku ingin terus menjadi seorang musisi kedepannya. Itulah yang memotivasiku untuk terus maju,” ujar Alumni Spotify RADAR Indonesia 2023, Nadhif Basalamah.

Sejak bergabung dalam program RADAR Indonesia 2023, jumlah pendengar Nadhif di Spotify terus tumbuh hingga kini mencapai lebih dari 6 juta pendengar bulanan. Lewat single-nya bertajuk ‘penjaga hati’ yang telah didengarkan lebih dari 222 juta kali, Nadhif menjadi artis RADAR Indonesia pertama yang pernah berhasil bertahan di puncak tangga lagu Spotify Indonesia selama 24 minggu berturut-turut.

Sementara Henry Moodie menceritakan tentang sumber inspirasi dalam proses penulisan lagu ‘drunk text’ yang saat ini sedang memuncaki tangga lagu Spotify Indonesia dan telah didengarkan 177 juta kali di Spotify. Saat menciptakan lagu, Henry berangkat dari inspirasi lagu dan memulai menciptakan chorus serta melodi menggunakan piano. Baginya, aransemen sebuah lagu menjadi karakter yang membuat setiap musisi berbeda dan unik.

Selain itu, Henry juga memberikan tips bagi para artis Spotify RADAR Indonesia bahwa inspirasi sebuah lagu dapat datang dari manapun, bisa dari pengalaman pribadi atau imajinasi – terus ciptakan karya yang merepresentasikan karakter musik dan pikirkan cara bagaimana lagu dapat dinikmati oleh siapapun, salah satunya melalui Spotify.

Sejak dimulai tahun 2020 lalu, program RADAR telah menampilkan 700 musisi pendatang baru dari 183 negara untuk mendukung karir mereka di dunia musik. Sebagai bagian dari RADAR, para artis memperoleh dukungan editorial dengan menampilkan lagu-lagu mereka dalam berbagai playlist di Spotify hingga publisitas out of home. Diskusi bersama Nadhif dan Henry ini merupakan langkah strategis Spotify di Indonesia untuk tidak hanya mendukung para artis muda tapi juga menciptakan ekosistem industri musik yang suportif dan inspiratif.

Ikuti @spotifyid di Instagram untuk menyaksikan perbincangan lengkap antara Henry Moodie dan Nadhif Basalamah. Jangan lewatkan juga playlist RADAR Indonesia untuk menemukan lebih banyak lagu-lagu dari artis muda lainnya.