Cara Asyik Kembalikan Berat Badan Ideal Pasca Jalan-jalan

Cara Asyik Kembalikan Berat Badan Ideal Pasca Jalan-jalan

Cara Asyik Kembalikan Berat Badan Ideal Pasca Jalan-jalan

Surabaya, Kabarindo– Setelah liburan dan jalan-jalan, kita sering merasa lesu dan kurang bersemangat memulai lagi aktivitas sehari-hari sebagaimana biasa. Biang keroknya adalah saking banyaknya acara makan-makan, termasuk mengkonsumsi makanan bersantan, sehingga berat badan naik dan kita jadi gampang ngantuk. Jika dibiarkan, bisa-bisa mengganggu produktivitas serta kebugaran tubuh.

Rendra Aditya, Coach of Fortis Calisthenics, berbagi tips olahraga untuk mengembalikan berat badan ideal dan kebugaran serta semangat beraktivitas pasca liburan dan jalan-jalan.

Pilih olahraga yang tepat sebagai starter usai libur panjang

Ketika mulai kembali olahraga, awali dengan olahraga yang ringan untuk menghindari cedera, seperti jogging, bersepeda keliling lingkungan rumah dan aktivitas ringan lain yang menyenangkan. Bisa juga workout di rumah dengan melakukan gerakan push up, squat dan jumping jack.

Bakar lemak dan kembalikan kondisi fisik

Salah satu olahraga yang cocok untuk membakar lemak dan jauh dari membosankan adalah calisthenics. Olahraga ini melibatkan sebagian besar, bahkan seluruh tubuh. Juga cukup praktis karena bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, namun memanfaatkan tubuh kita sendiri sebagai beban. Calisthenics punya banyak variasi agar kita tidak gampang boring, baik itu dari sisi gerakan maupun kecepatan gerak yang bisa kita improvisasi.

Bagaimana supaya olahraga konsisten?

Poin yang satu ini sangat penting, namun terbilang sulit dikerjakan. Untuk menjaga konsistensi dalam berolahraga, sebaiknya kita tentukan small goals dulu, tapi yang spesifik. Misalnya, ingin bisa push up, ingin mengenakan pakaian dengan size lebih kecil, ingin bisa berlama-lama menggendong anak tanpa sakit punggung dan sebagainya.

“Dari small goals tersebut, kita bisa upgrade terus goals-nya ketika telah berhasil achieve atau unlock salah satunya,” ujar Rendra

Biar tambah semangat, ikuti irama musik

Mendengarkan musik saat berolahraga ternyata dapat menjadi penyemangat yang efektif. Bahkan menurut Rendra, berolahraga calisthenics sambil mengikuti irama musik membuat setiap gerakan menjadi lebih fun dan nggak gampang bosan. Walaupun demikian, pemilihan earbuds yang tepat merupakan hal wajib.

“Berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan earbuds memang menyenangkan, namun penting untuk memastikan kita harus tetap bisa dengar suara di sekitar. Tidak gampang lepas dan nyaman di telinga,” ujar Rendra.

Foto: istimewa