Lezatnya Soto Goreng Pandegiling, Menu Pilihan Sambut Idul Adha

Lezatnya Soto Goreng Pandegiling, Menu Pilihan Sambut Idul Adha

Lezatnya Soto Goreng Pandegiling, Menu Pilihan Sambut Idul Adha

Surabaya, Kabarindo- Umat Islam akan merayakan Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024. Mereka yang mampu akan melakukan kurban kambing atau sapi yang dagingnya kemudian dibagikan kepada masyarakat, terutama kepada yang tak mampu.

Daging kurban biasanya diolah menjadi menu gulai, sate atau rendang. Namun mungkin anda ingin menikmati menu yang lain. Hotel Santika Pandegiling Surabaya menawarkan Soto Goreng Pandegiling berbahan daging atau iga sapi atau kambing sebagai menu alternatif hasil kreasi Chef Ervin Triana.

“Saya kreasikan Soto Goreng sebagai menu pilihan, supaya tidak bosan menu yang itu-itu saja, Rasanya gurih dan lezat. Menu ini bisa dinikmati dengan harga Rp.85.000,” ujarnya.

Chef Ervin mengatakan, Soto Goreng merupakan perpaduan Soto Betawi dengan tongseng dari bahan daging atau iga sapi atau kambing. Jika ingin menikmati yang berkuah, bisa menyantap soto-nya. Namun jika menyukai yang non-kuah, bisa memilih tongseng-nya.

“Kita bisa memilih bahan dari daging atau iga. Terserah selera masing-masing,’ ujarnya.

Chef Ervin menjelaskan, bahan daging atau iga harus direbus dulu di air mendidih untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel dan mengurangi lemaknya. Airnya dibuang kemudian daging atau iga dibilas dan direbus lagi agar empuk. Air rebusan bisa digunakan sebagai kaldu.

Ia memaparkan cara meracik bumbu soto dari rempah-rempah yaitu cengkeh, kapulaga, kayu manis, bunga lawing dan pala. Tumis hingga aromanya keluar, selanjutnya masukkan sereh, daun jeruk dan daun salam. Kemudian masukkan irisan bawang merah dan bawang putih serta bumbu putih.

Chef Ervin mengatakan, kuah Soto Betawi menggunakan susu murni atau susu evaporasi. Tuangkan 100 ml susu ditambah air 100 ml, lalu garam dan lada masing-masing ½ sendok teh dan penyedap rasa.

Untuk bumbu tongseng, tumis bawang merah dan bawang putih ditambah kecap dan saus tiram. Selanjutnya masukkan irisan bawang prei, tomat dan kubis. Lalu tuangkan kuah soto ke tongseng. Jika ingin lebih sedap, daging bisa diolesi mentega lalu dibakar dengan torch. Soto Goreng siap disantap. Hmm…yummy.

Menikmati Soto Goreng kurang afdol jika tidak ditemani minuman yang pas. Es Kuwut atau Es Serut Melon cocok sebagai pendamping. Menurut Chef Ervin, kedua es ini bisa membantu menetralisir lemak karena terbuat dari bahan yang mengandung vitamin C. Es melon diracik dari serutan melon, mentimun dan perasan jeruk nipis. Bisa ditambah jelly dan nata de coco jika suka.

Pilihan lainnya adalah Banana Choco yang terbuat dari choco powder 25 gram, 4 potong pisang, 1 buah stroberi, susu segar 4 oz, symple syrup 2 oz dan es batu. Semua bahan di-blend. Nah, siap diteguk. Rasanya segar dan manis.