Wartawan Jebolan Al-azhar Kairo, Jadi Abang Favorit Jakarta Pusat 2024

Wartawan Jebolan Al-azhar Kairo, Jadi Abang Favorit Jakarta Pusat 2024

KABARINDO, JAKARTA--Pencapaian mengesankan dicapai Mochammad Haekal Malik. Wartawan jebolan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, ini,  dinobatkan sebagai Abang Favorit Jakarta Pusat 2024, yang pemilihannya digelar Jumat (12/7) malam di Auditorium Abdurahman Saleh Gedung RRI. Pada kesempatan sama Muhammad Najmi Mafaza Hasan dan Callysta Khansa Fathinah dikukuhkan sebagai Abang-None (Abnon). Mereka akan mewakili Jakarta Pusat pada pada kompetisi Abang-None Tingkat Provinsi Daerah Khusus Jakarta.  

Keberhasilan Bang Haekal disambut riuh kalangan media mengingat profesinya sebagai wartawan. Penulis sekaligus staf redaksi di Majalah Property&Bank ini diketahui menempuh Pendidikan Sarjana pada jurusan Ekonomi Syariah di Universitas Al-Azhar, Kairo,  Mesir.

Sebagai alumni perguruan tinggi terkemuka di Kairo, Mesir yang memiliki relasi di KBRI dan wilayah Timur Tengah, Moch Haekal Malik bertekad akan memajukan sektor pariwisata halal di Indonesia, khususnya Jakarta  Pusat. 

“Kita harus rajin mempromosikan objek wisata halal kita ke luar negeri dengan menggelar pameran-pameran wisata di Timur Tengah dan sekitarnya," ujar Bang Haekal kepada media.

"Sebagai Abang Jakarta Pusat, saya akan mendorong perkembangan pariwisata halal, kita juga harus mendukung ekonomi lokal dan Indonesia untuk menuju Jakarta Kota Global,” sambungnya.

Malam puncak atau final pemilihan Abnon Jakarta Pusat menampilkan 15 pasangan finalis yang telah mengikuti serangkaian pembinaan dan pelatihan dalam masa karantina selama satu bulan.

"Ke-15 pasangan terseleksi dari sekitar 200 pendaftar," jelas Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Pusat, Wiwik Satriani.

Selain Faza dan Callysta, dewan juri juga menetapkan Arsyad Ratliff Praamadhi dan Karina Moudy Widodo sebagai Wakil I Abnon, Fernando Farrell dan Marsya Aqila menjadi Wakil Abnon II. Lalu,, Naufal Yudha Nur Rashid dan Azzahra Mayraina Rahmatputri sebagai juara Harapan I, Firstyo Dewo Wicaksono dan Nadiella Shilma juara Harapan II serta pasangan Mochammad Haekal Malik dan Pandee Made Nancy Nareswary sebagai pemenang favorit.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma,  mengapresiasi proses pemilihan yang menghasilkan pasangan terbaik dari yang terbaik. Diharapkannya, mereka yang terpilih nanti bisa mengharumkan nama Jakarta Pusat di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Masih ada waktu dua bulan untuk meningkatkan dan menyempurnakan kembali dengan matang, sehingga bisa tampil maksimal dan meraih juara umum tingkat provinsi," pesan Dhany.

Keberhasilan Bang Haekal tentu saja membahagiakan orang tuanya juga. Bang Haekal adalah anak kedua atau bungsu dari H. Indra Utama, Wakil Ketua Bidang Pendidikan DKI Jaya 2024-2029. 

"Dia sangat suka berorganisasi, dan tertarik dengan PWI Jaya. Dia siap untuk mengikuti Orientasi Keanggotaan dan Keorganisasian (OKK) dari PWI Jaya," tutur H.Indra Utama dengan nada bangga.

Kesit Budi Handoyo, Ketua PWI Jaya, mengapresiasi dan mengaku turut bangga dengan capaian Bang Haekal. Anak muda  yang berprofesi sebagai wartawan juga bisa unggul dan terpilih  sebagai Abang Favorit Jakarta Pusat.

“Selamat buat Bang Haekal yang dinobatkan sebagai Abang Favorit Jakarta Pusat 2024,” papar Kesit.

“Penobatan Abang Favorit 2024 ini adalah momen bersejarah bagi Bang Haekal dalam meraih cita-cita  yang lebih cerah unuk lebih percaya diri menyongsong masa depan,” ungkap Aat Surya Safaat, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya.

Wartawan senior yang anggota Tim Monev Percepatan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kemenparekraf ini juga senang dengan visi misi Abang Favorit Jakarta Pusat 224. Bang Haekal bertekad akan proaktif memperkenalkan wisata halal di Indonesia khususnya di Jakarta ke wisatawan asal Timur Tengah, khususnya di Mesir dan sekitarnya. Foto: Ist