Walikota Perempuan Ditembak hingga Tewas Usai Pilpres Meksiko Dilaksanakan

Walikota Perempuan Ditembak  hingga Tewas  Usai Pilpres  Meksiko Dilaksanakan

KABARINDO, MEKSIKO -  Sejumlah pria bersenjata membunuh wali kota perempuan di sebuah kota di Meksiko hanya beberapa jam setelah negara tersebut merayakan terpilihnya Claudia Sheinbaum sebagai presiden perempuan pertama di negara tersebut.

Yolanda Sánchez ditembak di kota Cotija, yang ia pimpin sejak September 2021. Dia adalah wanita pertama yang terpilih untuk jabatan tersebut.

Kekerasan yang meluas terhadap politisi membayangi pemilu Meksiko, yang diikuti oleh dua perempuan yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Yolanda Sánchez disergap oleh orang-orang bersenjata di pusat Cotija, Michoacán, pada Senin (3/6/2024).

Media lokal mengatakan dia ditembak 19 kali dan meninggal di rumah sakit tak lama setelah serangan itu. Pengawalnya juga tewas dalam baku tembak.

Sejauh ini belum ada penangkapan yang dilakukan sehubungan dengan serangan tersebut, namun diperkirakan orang-orang bersenjata tersebut adalah anggota kelompok kejahatan terorganisir.

Sánchez melaporkan menerima ancaman pembunuhan setelah menjabat pada September 2021.

Dikutip BBC, dia ditahan selama tiga hari oleh orang-orang bersenjata yang menangkapnya dengan todongan senjata saat berkunjung ke negara bagian tetangga Jalisco pada tahun 2023. Politisi tersebut mengatakan bahwa para penculiknya telah mengajukan tuntutan dan menimbulkan teror psikologis sebelum membebaskannya.

Meskipun dia mengatakan bahwa dia tidak tahu kelompok kriminal apa yang mereka ikuti, namun surat kabar lokal mengatakan kemungkinan besar pelakunya adalah kartel Jalisco New Generation (CJNG).

CJNG terlibat dalam perdagangan narkoba serta penculikan untuk mendapatkan uang tebusan dan pemerasan.

Kelompok ini juga terkenal karena menargetkan pejabat publik yang menolak melakukan perintahnya.

Sánchez mengatakan bahwa orang-orang yang mengancamnya setelah dia menjabat telah menuntut agar dia menyerahkan keamanan kota kepada petugas polisi negara bagian dengan bayaran dari kelompok kejahatan terorganisir.

Dia menolak dan meminta militer untuk memperkuat kota. Wali Kota juga dilengkapi pengawal bersenjata setelah kejadian tersebut.

Pembunuhannya yang terjadi pada Senin (3/6/2024) terjadi kurang dari sehari setelah pemilihan umum yang dibayangi oleh pembunuhan terhadap kandidat lokal.

Lebih dari 20 orang yang mencalonkan diri telah terbunuh sejak September menurut angka resmi, namun survei independen memperkirakan jumlahnya mendekati 40 orang.

Pemilihan presiden dimenangkan oleh Claudia Sheinbaum, yang akan dilantik pada tanggal 1 Oktober sebagai wanita pertama yang memegang jabatan puncak di Meksiko.