Usaha Ganda Team WRT 31 di Fuji Speedway

Usaha Ganda Team WRT 31 di Fuji Speedway

KABARINDO, - FIA World Endurance Championship (WEC) menyisakan dua putaran lagi, Fuji (Jepang) dan Bahrain. Khusus kelas LMGT3, kans lahirnya tim juara bisa terjadi di Fuji akhir pekan ini. Untuk itulah, Team WRT 31 akan berusaha sekuat tenaga mencoba menunda supaya itu tak terjadi.

Saat ini, tim Manthey PureRxcing 92 memimpin klasemen dengan poin 118 dan unggul masing-masing 28 dan 34 angka atas tim Manthey EMA 91 dan WRT 31. Kondisi di mana Manthey 92 bisa membawa pulang gelar juara adalah bila selepas Fuji mereka unggul 40 angka terhadap siapa pun yang berada di peringkat dua.

Hitungan tersebut didapat dari poin maksimal pada putaran pamungkas di Bahrain adalah 39, plus 1 poin penentuan. Karena poin sama bisa terjadi pada akhir musim termasuk kemungkinan terjadinya koleksi kemenangan yang sama, 1 poin penentu dibutuhkan.

Khusus bagi WRT 31 yang merupakan Global Partner Pertamax Turbo dan kini tertinggal 34 poin, paling tidak mereka mencoba menghindari kehilangan enam poin lagi dari Manthey 92 agar masih bernapas dalam memburu gelar hingga Bahrain. Usaha paling realistis adalah finis di depan tim yang memiliki entry dari Lithuania itu.

Satu usaha lagi yang tak kalah penting bagi WRT 31 adalah mencoba menjauhi poin Heart of Racing Team 27. Tim asal Amerika ini hanya berselisih tiga poin di bawah WRT 31 berkat dua hasil bagus di Interlagos (P2) dan COTA (P1).

“Kami akan berjuang keras di Fuji karena mobil terbukti punya potensi bagus,” ujar Sean Gelael, andalan WRT 31 yang akan didampingi Augusto Farfus dan Darren Leung.

Fuji Speedway sepanjang 4,563 km ini memiliki lintasan lurus 1,475 km menuju Tikungan 1. Bila memiliki power mesin yang bagus, akhir dari lintasan lurus tersebut bisa dijadikan tempat menyusul.

Selebihnya, bagian dari Fuji Speedway sangat teknikal. Lingkungan melengkung panjang, turun-naik, plus bagian berliku pada Sektor 2 dan 3 bakal menentukan mobil mana dan siapa pebalap yang mampu meraih lap time terbaik.

Untuk Balance of Performance (BoP), Manthey 92 akan ketambahan beban 40 kg, lalu Heart of Racing Team 27 bertambah 25 kg, Manthey EMA 91 terkena 15 kg, dan WRT 31 bersama United Autosports 95 masing-masing 5 kg.

Putaran tujuh FIA WEC 6 Hours of Fuji disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com dengan start pukul 09.00 hari Minggu (15/9). Acara ini dipersembahkan oleh Pertamax Turbo, KFC, Bank Mandiri, MIND ID, dan Telkomsel Indonesia. Foto: Ist