Timnas Spanyol Mulus ke Perempatfinal EURO 2024 Usai Hantam Timnas Georgia 4-1

Timnas Spanyol Mulus ke Perempatfinal EURO 2024 Usai Hantam Timnas Georgia 4-1

KABARINDO, KOLN – Pertandingan antara Tim Nasional (Timnas) Spanyol melawan Timnas Georgia di 16 Besar Euro 2024 yang berlangsung di Stadion Koln, Koln, Jerman, Senin (1/7/2024) dini hari WIB, itu berakhir dengan skor 4-1 bagi La Furia Roja.

Georgia unggul duluan lewat gol bunuh diri Robinrr Le Normand (18’). Namun, Spanyol membalas dan berbalik menang lewat Rodri (39’), Fabian Ruiz (51’), Nico Williams (75’), dan Dani Olmo (83’). Mereka akan menantang Timnas Jerman di perempatfinal.

Spanyol langsung bermain menyerang sejak menit-menit awal. Umpan silang datar Dani Carvajal disontek manis oleh Pedri di menit kelima, tetapi bisa ditangkap kiper Georgi Mamardashvili. Ia lalu menghalau tembakan pemain Reald Madrid itu di menit ke-11.

Namun, Georgia justru unggul duluan di menit ke-18! Lewat serangan balik, Otar Kakabadze melepas umpan silang berbahaya ke kotak penalti. Sial bagi Spanyol, Le Normand tidak sengaja memasukkannya ke gawang sendiri.

Tertinggal, Spanyol semakin beringas. Menit 22, Mamardashvili menyelamatkan gawangnya dari sepakan Fabian. Selang lima menit gantian tendangan keras Pedri masih melebar dari sasaran. Lagi, sang kiper menepis upaya Marc Cucurella di menit ke-35.

Williams mengancam lagi di menit ke-38 tetapi Mamardashvili cukup sigap mengamankan gawang. Namun, ia menyerah ketika Rodri melepaskan tendangan mendatar di menit ke-39 sehingga skor 1-1 dan bertahan hingga rehat.

Keseruan semakin menjadi di babak kedua. Kvaratkshelia mengintip peluang di menit ke-48 usai melihat Unai Simon keluar dari sarangnya. Sayang, tembakan dari tengah lapangan itu masih sedikit melebar dari gawang.

Spanyol akhirnya unggul 2-1! Berawal dari tendangan bebas Lamine Yamal yang ditepis Mamardashvili, bola masih hidup. Ia lalu mengumpan ke tengah kotak penalti dan disundul dengan manis oleh Ruiz. Mereka tak mengendurkan perlawanan.

Yamal kembali memperoleh peluang di menit ke-63 tetapi sepakannya menyamping. Georgia bukannya tanpa perlawanan. Menit 68, Heorhiy Tsitaishvili mengintip peluang tetapi tendangan kaki kirinya meleset dari gawang Simon.

Timnas Spanyol sempat mencetak gol ketiga di menit ke-74. Namun, Yamal didakwa offside sebelum melepas umpan yang dibelokkan pemain Georgia. Williams benar-benar mencetak gol ketiga timnya semenit kemudian usai melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti!.

Olmo nyaris menambah gol di menit ke-78 tetapi sepakannya terlalu lemah hingga mudah diamankan kiper. Pemain RB Leipzig itu benar-benar mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-83 lewat penyelesaian akhir yang tenang. Kedudukan itu bertahan hingga bubaran!

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS SPANYOL XI (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal (Jesus Navas 81’), Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella (Alex Grimaldo 66’); Pedri Gonzalez (Dani Olmo 52’), Rodrigo Hernandez, Fabian Ruiz (Mikel Merino 81’); Lamine Yamal, Alvaro Morata (Mikel Oyarzabal 67’), Nico Williams

Pelatih: Luis de la Fuente

TIMNAS GEORGIA XI (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Giorgi Gvelesiani (Nika Kvekveskiri 79’), Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Chakvetadze (Zuriko Davitashvili 63’), Otar Kiteishvili (Sandro Altunashvili 41’), Giorgi Kochorashvili, Luka Lochoshvili (Heorhiy Tsitaishvili 63’); Georges Mikautadze (Budu Zivzivadze 79’), Khvicha Kvaratskhelia

Pelatih: Willy Sagnol

Foto: Reuters