Simak Sejumlah Benefit yang Mendorong Produktivitas Karyawan

Simak Sejumlah Benefit yang Mendorong Produktivitas Karyawan

Simak Sejumlah Benefit yang Mendorong Produktivitas Karyawan

Mulai dari medical check-up hingga vaksinasi

Surabaya, Kabarindo- Dunia semakin berubah. Semua pihak dituntut untuk produktif dan bekerja dengan cepat, terlebih dengan kemajuan teknologi yang dapat mendorong kinerja dan kontribusi positif karyawan bagi perusahaan.

Namun perlu diingat bahwa produktivitas yang tinggi harus dibarengi dengan perhatian dan dukungan yang memadai dari perusahaan, seperti penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, ruang bagi karyawan untuk berkembang, hingga penyediaan berbagai benefit yang dapat membantu karyawan agar tetap prima secara fisik maupun mental.

Studi menunjukkan, program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60% dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19%.

Medical check-up dan vaksinasi merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan. Temuan Grand View Research (2022) menunjukkan baru 26,65% dari total medical check-up yang dilakukan di Asia berasal dari segmen perusahaan. Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan pasca pandemi, diharapkan semakin banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawan terkait benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi.

Melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan sehingga dapat diantisipasi dengan cepat. Demikian juga dengan vaksinasi, yang dapat menjadi langkah penting perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit. Dengan menggabungkan kedua tindakan ini, maka kesehatan karyawan dapat dijaga dan produktivitas karyawan maupun perusahaan dapat ditingkatkan.

Chief Operating Officer Halodoc, Veronica Utami, mengatakan benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini. Selain medical check-up dan vaksinasi, terdapat sejumlah program kesehatan lain yang dapat diberikan perusahaan sebagai fasilitas bagi para karyawan. Yaitu:

Fasilitas kelas olahraga atau gym

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan, aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Karena itu, penyediaan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu perusahaan meningkatkan fungsi kognitif yang lebih baik pada karyawan. Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.

Pemberian booster vitamin secara rutin

Vitamin memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan individu dengan mengurangi risiko penyakit, terutama berkat kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang penting untuk dikonsumsi secara teratur adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle

Studi dari American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini. Karena itu, penyediaan peralatan kantor seperti standing desk bagi karyawan dapat menjadi langkah preventif yang efektif. Perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan, sehingga produktivitas mereka tetap optimal.

Dengan memastikan karyawan sehat secara fisik maupun mental, maka produktivitas karyawan dapat ditingkatkan. Hal ini pada akhirnya dapat membantu perusahaan untuk berkembang di tengah kondisi yang semakin dinamis.

Foto: istimewa