Rujak Cingur Naga Menggoda Selera, Gunakan Saus Racikan dari Sari Buah Naga

Rujak Cingur Naga Menggoda Selera, Gunakan Saus Racikan dari Sari Buah Naga

Rujak Cingur Naga Menggoda Selera, Gunakan Saus Racikan dari Sari Buah Naga

Surabaya, Kabarindo- Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang bahannya terdiri dari sayuran dan buah-buahan dipadu dengan bumbu petis.

Banyak warung yang menjual rujak cingur di Surabaya dengan porsi sedang atau pun besar yang bisa disantap berdua. Bahan yang mereka gunakan juga sama. Namun Grand Swiss-Belhotel Darmo mengkreasikan rujak cingur yang berbeda, menarik dan menggoda selera.

Hotel tersebut membikin rujak cingur dari bahan-bahan segar dengan saus istimewa yang telah diracik dengan kombinasi sari buah naga merah. Rasanya tetap otentik khas Surabaya namun ada kesegaran rasa manis unik dari buah naga. Karena itu dinamai Rujak Cingur Naga.

Diaz Yonadie, General Manager Grand Swiss-Belhotel Darmo, mengatakan Rujak Cingur Naga bisa dinikmati masyarakat di resto Grand Kitchen di hotel ini.

“Rujak Cingur Naga ini Istimewa karena dikreasi khusus oleh tim F&B kami dan meraih juara dalam Festival Rujak Uleg 2024,” ujarnya pada Minggu (26/5/2024).

Rujak diuleg di atas cobek jumbo. Meja dihias dengan bermacam bahan segar dan beragam ukiran ubi ungu, semangka, pepaya, wortel serta kombinasi tanaman hias. Pengerjaan ukiran buah dan sayur oleh tim Grand Siwss-Belhotel Darmo dilakukan selama tiga hari, sehingga bisa memberikan tampilan yang detail dengan kombinasi warna cerah.

Tim hotel mengenakan busana “Surabaya European Style” dari era Victoria yang klasik, modis dan elegan dengan topi lebar dan hiasan bulu merak. Kostum wanitanya berupa gaun lebar menjuntai.

Inovasi cita rasa yang unik serta tatanan isi piring kreatif ini mengantarkan Grand Swiss-Belhotel Darmo meraih juara dua kategori kreasi rujak uleg dalam Festival Rujak Uleg 2024 yang diadakan dalam rangka HUT ke-731 Surabaya. Festival ini mengangkat tema “The History of Rujak Cingur” yang berlangsung pada 19 Mei 2024 di halaman Balai Kota Surabaya dan diikuti lebih dari 30 hotel di Surabaya.

Penilaian kategori hotel terbagi dalam tiga poin yaitu 40 % rasa, 30 % tatanan dekorasi rujak dan 30 % ide rujak. Bahan rujak harus terdiri dari cingur, lontong, tahu, tempe, mentimun, kangkung, taoge, kedondong/mangga muda, bengkoang, nanas dan kacang panjang. Peserta juga wajib mempersiapkan dekorasi meja, kostum, dan yel yel dengan gerakan.

Foto-foto: istimewa