Piala Presiden 2024, Tak Pakai Uang Negara Hingga Keamanan Ketat

Piala Presiden 2024, Tak Pakai Uang Negara Hingga Keamanan Ketat

KABARINDO, JAKARTA - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024 Maruarar Sirait, mengatakan ada misi khusus dari digelarnya turnamen pramusim tersebut. Satu di antaranya melahirkan pemain-pemain berkualitas.

Piala Presiden 2024 dimulai pada 19 Juli mendatang. Sebanyak delapan klub Liga 1 ambil bagian yakni Persib Bandung, Persis Solo, Borneo FC Samarinda, PSM Makassar, Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Ada dua stadion yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan babak grup Piala Presiden 2024. Kedua tempat tersebut adalah Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

"Tentunya Piala Presiden ini dapat memunculkan pemain-pemain yang berprestasi dari unsur pembinaan. Kemudian tidak ada pengaturan skor di mana tadi Pak Kapolri juga sudah menekankan kepada jajarannya supaya melakukan tindakan tegas dan preventif untuk menghindari hal ini," kata Maruarar, di SCTV Tower, Jakarta, Senin (15/7).

Selain itu, sosok yang karib disapa Ara tersebut menegaskan Piala Presiden 2024 tidak menggunakan uang negara sepeser pun. Meski klub yang menjadi juara ajang tersebut mendapat hadiah Rp5 miliar.

Sejauh ini Ara menyampaikan uang dari sponsor untuk Piala Presiden 2024 sudah mencapai Rp48 miliar. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena ia menyebut pihaknya masih membuka kesempatan untuk para sponsor masuk.

"Saya pikir apa yang dilakukan oleh Pak Erick (Thohir) ini jangan dibuat cacat dengan cara yang tidak baik. Kami juga dengan rendah hati melaporkan, berkat dukungan panitia dan EMTEK, kami bisa mempertahankan membuat Piala Presiden tanpa APBN, APBD, dan BUMN," ucapnya.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir, menjamin Piala Presiden 2024 berjalan lancar. Walau turnamen pramusim, personel keamanan yang diturunkan akan tetap maksimal untuk mencegah terjadinya hal tidak diinginkan.

"Pihak Polri sudah memberikan izin untuk Piala Presiden ini. Artinya, pengamanan akan maksimal untuk para pemain, wasit, dan suporter. Tentu sesuai dengan standar FIFA, yakni di dalam stadion ada steward, dan pihak Polri akan beri keamanan berlapis di luar," ucap Erick.

"Hal itu dilakukan untuk menjaga transformasi sepak bola yang sudah menjadi kesepakatan antara FIFA dan pemerintah Indonesia, dan kita masih terus dipantau. Jadi Piala Presiden 2024 harus tetap kita jaga, mohon para suporter mau memahami dan tetap bisa menjadi bagian penting dalam menjaga sepak bola kita agar makin baik dan terus maju," Erick melanjutkan.

EMTEK kembali dipercaya sebagai pemegang hak siar untuk Piala Presiden 2024. Sebanyak 16 pertandingan bakal tersaji pada turnamen pramusim tersebut, dan disiarkan langsung di Indosiar, Vidio, serta Nex Parabola.

"Kami sangat bangga, menyambut sangat baik yang kami tunggu-tunggu pada tahun ini karena tahun lalu Piala Presiden tidak ada. Terus kemudian juga ini merupakan komitmen kami di EMTEK untuk terus serta mengembangkan sepak bola Indonesia," ujar Direktur Program Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad. (Tim Media Piala Presiden)

Pembagian Grup Piala Presiden 2024:

Grup A (Stadion Si Jalak Harupat)
Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.

Grup B (Stadion Kapten I Wayan Dipta)
Bali United, Madura United, Persija Jakarta, dan Arema FC.