Penampungan Hewan Michigan Kewalahan dengan Kiriman 836 Parkit

Penampungan Hewan Michigan Kewalahan dengan Kiriman 836 Parkit

KABARINDO, MICHIGAN – Grup Kesejahteraan Hewan Detroit (DAW) di Michigan, AS, kewalahan setelah mendapat kiriman 836 budgie, sejenis parkit, pada tanggal 23 dan 25 Desember lalu.

Kelley LeBonty, kepala penampungan DAW, mengatakan dalam sebuah wawancara Sabtu (25/12) bahwa seorang pria menelepon untuk mengatakan dia datang untuk menyerahkan 60 hingga 80 parkit peliharaan ayahnya.

Tetapi ketika sang pria tiba di tempat penampungan Kamis malam minggu lalu, dia membawa 497 parkit di mobil baknya, tersimpan dalam tujuh kandang.

“Burung-burung itu berada dalam kondisi berdesakan, di atas satu sama lain dan tercekik satu sama lain. Mereka sangat sangat stres. Mereka nyaris tidak bergerak. Kami harus mengeluarkan mereka dan memasukkan mereka ke kandang-kandang yang berbeda."

Pria itu mengatakan bahwa ayahnya menyimpan semua burung-burung itu dalam beberapa kandang di satu ruangan di rumahnya, dan telah menghabiskan $ 1.200 (Rp17 juta) sebulan untuk memberi makan burung-burung itu.

"Putranya mengatakan bahwa ayahnya awalnya hanya ingin membiakkan beberapa dari mereka, namun kemudian mereka berkembang biak di luar kendali," kata LeBonty.

Kiriman Kedua

Belum hilang rasa syok para staf di penampungan itu, pria itu datang kembali membawa 339 jenis burung yang sama.

Burung-burung itu tampak kesulitan. Mereka kelihatan sesak dan beberapa dari mereka masih sangat muda sehingga mereka membutuhkan suapan dari tangan satu per satu, karena mereka telah dipisahkan dari ibu mereka. Beberapa bahkan tidak bisa berjalan karena selalu berdempetan sebelumnya.

“Saya sangat marah. Bagaimana ini bisa terjadi?” Shannon Kramer dari yayasan penyelamatan dan rehabilitasi burung dan unggas BBRR berkata.

Kramer, seorang penyelamat burung berpengalaman, mengatakan “Syukurlah dia memilih mencari bantuan dan tidak hanya membuka jendela. Itu berbahaya. Mereka semua akan mati.”

DAW membutuhkan bantuan empat organisasi mitra untuk menyediakan tempat bagi ratusan parkit itu. 

Selain itu, masyarakat menghujani mereka dengan tawaran untuk membantu, mengasuh, mengadopsi dan menyumbangkan mereka serta mengirim makanan dan kandang.

DAW menegaskan bahwa memiliki parkit adalah komitmen 6-15 tahun dan mereka tidak hanya membutuhkan makanan, air, dan pembersihan kandang setiap hari, tetapi juga interaksi harian, pengayaan, dan waktu terbang.

Menurut mereka, burung-burung itu dapat diadopsi setelah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh dokter hewan. ***(Sumber: Euronews, Yahoo, NBC15; Foto: NBC15/Facebook)