NOC Indonesia Resmi Rilis Seragam Kontingen Merah Putih untuk Paris 2024

NOC Indonesia Resmi Rilis Seragam Kontingen Merah Putih untuk Paris 2024

KABARINDO, JAKARTA - Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia resmi merilis seragam kontingen Merah Putih untuk Paris 2024.

Sebagaimana diberitakan AntaraNews.com, peluncuran berlangsung di The Darmawangsa, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Seragam tanding masih diproduksi oleh jenama asal China, Li-Ning, sebagaimana edisi terakhir dari Pesta Olahraga Sejagat di Tokyo tiga tahun yang lalu.

Bedanya, jersei Tim Indonesia dirancang oleh Didit Hediprasetyo, desainer yang telah malang melintang di tingkat internasional.

Merah dan Putih tentunya menjadi warna dominan.

Namun, kombinasi dua warna yang melambangkan keberanian dan kesucian itu dipadukan dalam posisi yang tidak simetris dengan garis yang membujur dari tengah kerah ke samping badan.

Didit menjelaskan bahwa rancangannya ini terinspirasi dari lagu Berkibarlah Benderaku

"Waktu itu, saya cari inspirasi untuk koleksi ini. Sempat riset dan menemukan (inspirasinya) dari mendengarkan lagu Berkibarlah Benderaku," kata Didit.

Itulah yang menjadi inspirasi untuk jersi Merah Putih ini," imbuh putra satu-satunya dari calon Presiden RI, Prabowo Subianto.

Tidak hanya seragam tanding dan latihan saja yang diterima para atlet.

Mereka juga dibekali dua set seragam dan atribut yang wajib dipakai saat acara pengukuhan dan pelepasan kontingen, keberangkatan, kepulangan, dan acara-acara resmi selama Olimpiade Paris.

Para pemenang medali juga nantinya akan mengenakan seragam dengan motif khusus dalam upacara di atas podium.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, kagum dengan desain seragam para wakil Tanah Air pada Olimpiade Paris 2024.

"Olimpiade Paris 2024 ini spesial karena memang lokasinya itu di Paris. Paris ini kan benchmark-nya dari dunia fesyen," ucap Dito.

"Kita lihat pekan-pekan ini negara-negara (lain) sudah mengumumkan jersinya dan tidak main-main semuanya menggunakan desainer kelas atas."

"Indonesia, alhamdulillah kita memiliki Mas Didit dan kita ketahui di dunia internasional namanya sangat gemilang."

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Dia berharap nantinya semua pihak bisa terlibat dalam memajukan olahraga Indonesia.

Kita semua insan olahraga Indonesia punya peran untuk berkontribusi dengan dukungan terbaik kepada para atlet kita yang mengangkat harkat dan martabat kita di ajang tertinggi olahraga dunia, yaitu Olimpiade," tambahnya.

Indonesia telah meloloskan 29 atlet untuk bertanding di Olimpiade Paris 2024.

Edisi ke-32 dari ajang olahraga multievent ini akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang.