Menang Telak 3-0 atas Bayer Leverkusen, Atalanta Juara Liga Eropa 2023/2024

Menang Telak 3-0 atas Bayer Leverkusen, Atalanta Juara Liga Eropa  2023/2024

KABARINDO, DUBLIN – Laga antara  Atalanta vs Bayer Leverkusendi Final Liga Europa 2023/2024 di Stadion Aviva, Dublin, Republik Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB, itu berakhir dengan skor 3-0 untuk La Dea.

Seluruh gol kemenangan Atalanta disarangkan Ademola Lookman (12’, 26’, 75’). Mereka sukses membawa pulang trofi Liga Europa dari Irlandia. Sementara, Leverkusen akhirnya menelan kekalahan perdana musim ini di semua kompetisi.

Kedua kesebelasan berusaha meraba-raba kelemahan lawan di 10 menit awal. Duel cukup sengit terjadi di lapangan tengah. Namun, peluang pertama langsung berbuah gol untuk Atalanta!

Berawal dari tendangan penjuru, bola liar bergulir di pertahanan Leverkusen. Umpan Davide Zappacosta disambar dengan manis oleh Lookman untuk merobek jala gawang Matej Kovar di menit ke-12.

Kans didapat Leverkusen di menit ke-19 lewat kaki Josip Stanisic tetapi bola mengarah tepat ke pelukan Juan Musso. Sementara, peluang Gianluca Scamacca di menit ke-20 malah melambung dari target.

Lookman menggila! Pemain asal Nigeria itu sukses mengubah skor menjadi 2-0 di menit ke-26. Berawal dari kesalahan Leverkusen di lini tengah, bola bergulir ke kaki pemain bernomor 11 itu. Ia menusuk ke depan kotak penalti dan melepaskan tembakan akurat.

Kans terbaik dimiliki Leverkusen menit ke-35. Sayangnya, tembakan Alex Grimaldo dari jarak dekat bisa ditangkap Musso. Memasuki lima menit terakhir babak pertama, sang wakil Jerman mulai nyaman mengembangkan permainan.

Namun, Atalanta mengancam lagi lewat kaki Charles De Ketelaere di menit ke-43. Kali ini, Kovar bisa menangkap bola. Skor 2-0 bertahan hingga rehat.

Babak Kedua

Unggul 2-0, Atalanta bermain lebih rileks dan nyaman. Leverkusen tampak tertekan dan buru-buru dalam mengkreasi peluang gol. Alhasil, serangan-serangan mereka lebih banyak mentah di 10 menit awal paruh kedua. Hingga lewat 60 menit, belum ada peluang berbahaya dari kedua tim.

Atalanta juara Liga Europa 2023-2024 usai mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0 di partai final (Foto: Reuters/Andrew Boyers).

Gol akhirnya tercipta di menit ke-75! Lookman benar-benar menjadi bintang. Lewat skema serangan balik, eks Everton itu mengukir trigol lewat tembakan keras kaki kiri di dalam kotak penalti. Atalanta unggul 3-0 atas Leverkusen!

Ederson bahkan nyaris menambah gol di menit ke-79 tetapi Kovar Bisa menangkap bola dengan baik. Wirtz mengancam di menit ke-80 namun tembakannya mudah saja ditangkap Musso. Scamacca mengintip peluang di menit ke-82 tetapi si kulit bundar melaju terlalu pelan.

Die Werkself tak berkutik. Mereka kesulitan mencetak gol di sisa waktu pertandingan. Atalanta menang 3-0 sekaligus meraih trofi Liga Europa untuk pertama kali sepanjang sejarah klub.

SUSUNAN PEMAIN

ATALANTA XI (3-4-3): Juan Musso; Berat Djimsiti, Isak Hien, Sead Kolasinac (Giorgio Scalvini 46’); Davide Zappacosta (Hans Hateboer 84’), Ederson, Teun Koopmeiners, Matteo Ruggeri (Rafael Toloi 90+1’); Charles De Ketelaere (Mario Pasalic 57’), Gianluca Scamacca (El Bilal Toure 84’), Ademola Lookman

Pelatih: Gian Piero Gasperini

BAYER LEVERKUSEN XI (3-4-3): Matej Kovar; Josip Stanisic (Victor Boniface 46’), Jonathan Tah, Edmond Tapsoba; Jeremie Frimpong (Nathan Tella 81’), Granit Xhaka, Exequiel Palacios (Robert Andrich 69’), Piero Hincapie; Alex Grimaldo (Adam Hlozek 69’), Florian Wirtz (Patrik Schick 81’), Amine Adli

Pelatih: Xabi Alonso

Foto: Reuters