Malut United Petik Pengalaman Penting di Malaysia

Malut United Petik Pengalaman Penting di Malaysia

KABARINDO, KEDAH - "Terima kasih kepada pihak Bolabros Football dan Kedah Darul Aman FC yang telah mengundang Malut United untuk menggelar pertandingan persahabatan di Alor, Kedah. Kami memetik banyak pelajaran dari laga ini." 

Inilah tanggapan pelatih Imran Nahumarury setelah Malut United melakoni dua pertandingan persahabatan melawan salah satu tim dari Malaysia Super League. Kedua laga di gelar di Stadion Darul Aman, Alor Setar, Kedah, pada 28 dan 30 Agustus 2024.

Malut United berkunjung ke Kedah, Malaysia, sejak 27 Agustus 2024, menerima undangan pihak penyelenggara Nusantara Challenge 2024. 

Bolabros sebagai event organizer menggelar laga antara tuan rumah Kedah Darul Aman dan Malut United ketika kompetisi domestik berhenti karena persiapan laga internasional. Sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan kedua negara, Indonesia (17 Agustus) dan Malaysia (31 Agustus).

Menurut coach Im, demikian ia biasa disapa, kunjungan ke Malaysia sangat baik untuk mempercepat chemistry antarpemain serta memberi kesempatan kepada anak asuhnya yang masih mendapatkan minim menit bermain di Liga 1 2024-2025.

Pada laga perdana, pertandingan digelar secara tertutup. Kedua tim sama-sama menurunkan sejumlah pemain yang di kompetisi domestik masih belum banyak tampil. Hasil pertandingan di Stadion Darul Alam, Kedah, berakhir 1-1.

"Kami harus memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk mencicipi atmosfir pertandingan. Mereka yang selama ini belum mendapatkan kesempatan bermain atau yang sedikit menit bermainnya di 3 pertandingan Liga 1 harus bisa memperlihatkan hasil latihan selama ini," kata Imran Nahumarury.

Disaksikan lebih dari seribu penonton di stadion pada pertandingan kedua, Jumat (30/8), baik Malut United dan Kedah Darul Aman banyak melakukan perubahan starting line-up. 

Tanpa diperkuat Yakob dan Yance Sayuri yang masih dalam proses pemulihan cedera, serta bek Cassio Scheid, determinasi Malut United dalam laga persahabatan kontra Kedah FC terlihat sejak menit awal. 

Meski sempat kesulitan menguasai permainan, namun Laskar Kie Raha berhasil menemukan ritme yang dibutuhkan dan melancarkan sejumlah serangan.

Upaya serangan Malut United berbuah hasil pada menit ke-18. Berawal dari skema serangan balik, Tatsuro Nagamatsu sukses mencetak gol pembuka dengan memanfaatkan assist Adriano Castanheira.

Kedah FC asuhan pelatih Nafuzin Zain sempat merespons dengan gol balasan yang dicetak striker asal Serbia, Milos Gordic, pada menit ke-41. Gordic membobol gawang kawalan Muhammad Fahri dengan tandukan keras dan terarah. Skor 1-1 menutup jalannya babak I.

Di babak II, coach Imran mengganti beberapa pemain. Rifal Lastori, Frets Butuan, Alwi Slamat, dan Diego Martinez masuk untuk memberikan tenaga baru dan menambah intensitas serangan. Mereka menggantikan Bagus Nirwanto, Jorge Correa, Muhammad Rio, serta Tatsuro Nagamatsu yang sebelumnya bermain sebagai starter.

Masuknya tenaga baru membuat Malut United tampil lebih menekan. Striker asal Sierra Leone, Victor Mansaray, memimpin di garis terdepan untuk terus mengganggu proses build up lawan dengan pressing. 

Malut United tak membiarkan Kedah FC nyaman menguasai bola. Setelah momentum tercipta, lahirlah dua gol tambahan untuk tim kebanggaan masyarakay Maluku Utara dan Maluku.

Sepasang gol tambahan untuk Malut United dicetak oleh Victor Mansaray (77’) dan Diego “Chino” Martinez (penalty 85’). Duo striker asing, Mansaray dan Chino, berhasil membuka keran golnya bersama Malut United. 

“Hasil di laga persahabatan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri tim dan setiap individu pemain. Semoga kami bisa melanjutkan tren positif ini di kompetisi Liga 1,” tutur Imran. 

Pada Sabtu, 31 Agustus 2024, rombongan Malut United Kembali ke Tanah Air untuk beristirahat sebelum memulai kembali persiapan menjelang lanjutan Liga 1 2024-2025 usai FIFA Matchday. 

Jadwal terdekat Malut United dalam lanjutan Liga 1 adalah laga kandang menjamu sesama tim promosi musim lalu, Semen Padang FC, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, (13/9/2024).

Kedah FC juga akan melanjutkan petualangannya di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Negeri Jiran. Kedah FC tengah berada di peringkat ke-8 klasemen Liga Super Malaysia dengan koleksi 8 poin.

Klub pemilik 5 gelar juara Piala FA Malaysia dan 2 trofi Malaysia Super League ini telah mencatatkan 3 kemenangan, 2 seri, dan 3 kekalahan dalam 8 pertandingan di liga musim 2024. Foto: Ist