EURO 2024: Timnas Belgia Kalah 0-1 dari Timnas Slovakia

EURO 2024: Timnas Belgia Kalah 0-1 dari Timnas Slovakia

KABARINDO, IRANKFURT – Laga antara Tim Nasional (timnas) Belgia melawan timnas Slovakka  Hasil di Euro 2024 di Stadion Arena Frankfurt, Frankfurt, Jerman, Senin (17/6/2024) malam WIB, itu berakhir dengan skor 1-0 bagi The Falcons.

Gol tunggal Slovakia diceploskan Ivan Schranz (7’). Sementara itu, dua gol Belgia lewat Romelu Lukaku dianulir wasit.

Belgia langsung dapat peluang emas di menit ke-2 lewat sontekan Romelu Lukaku yang masih bisa ditepis Martin Dubravka. Slovakia secara mengejutkan mampu unggul lebih dulu di menit ke-7 berkat gol Schranz setelah memanfaatkan bola muntahan.

Setelah itu Setan Merah mencoba untuk menyamakan kedudukan. Tapi tim polesan Domenico Tedesco itu terlihat masih cukup kesulitan menembus pertahanan Slovakia. Serangan yang Kevin De Bruyne cs lancarkan juga masih sangat polos.

Hingga laga memasuki menit ke-30, belum ada tambahan gol yang tercipta. Slovakia nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-39 lewat tendangan voli Lukas Haraslin. Untungnya tendangan itu mampu ditepis kiper Belgia, Koen Casteels.

Berselang dua menit, giliran Belgia yang nyaris mendapat peluang emas. Tapi sangat disayangkan Lukaku tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut. Pada akhirnya, Slovakia unggul sementara atas Setan Merah dengan skor 1-0 di babak pertama.

Usai turun minum, Belgia kembali tancap gas. Di menit ke-57 Lukaku berhasil menjebol gawang Slovakia. Namun sialnya, gol tersebut dianulir setelah wasit meninjau lewat VAR karena striker berusia 31 tahun itu sudah dalam posisi offside.

Belgia mendapat peluang emas di menit ke-62 lewat tendangan Johan Bakayoko yang berhasil diblok dengan apik oleh David Hancko. Setan Merah masih benar-benar kesulitan untuk menembus solidnya pertahanan dari Slovakia. Sementara Slovakia sesekali mengancam gawang Setan Merah lewat skema serangan balik cepatnya.

Lukaku kembali menjebol gawang The Falcons di menit ke-86 setelah menerima umpan dari Lois Openda. Namun sayangnya gol tersebut lagi-lagi dianulir setelah wasit meninjau lewat VAR karena Openda melakukan handball lebih dulu.

Setelah itu, Setan Merah masih terus mencoba untuk bisa mencetak gol di sisa waktu yang ada. Tapi sayangnya upaya pasukan Tedesco belum berbuah manis. Belgia harus menelan kekalahan pahit dari Slovakia dengan skor tipis 0-1.

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS BELGIA XI (4-2-3-1): Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Zeno Debast, Yannick Carrasco (Dodi Lukebakio 84’) ; Orel Mangala (Johan Bakayoko 57’), Amadou Onana; Jeremy Doku (Lois Openda 84’), Kevin de Bruyne, Leandro Trossard (Youri Tielemans 75’); Romelu Lukaku

Pelatih: Domenico Tedesco

TIMNAS SLOVAKIA XI (4-3-3): Martin Dubravka; Petar Pekarik, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Juraj Kucka, Stanislav Lobotka, Ondrej Duda (Adam Obert 90+4’); Ivan Schranz (David Duris 81’), Robert Bozenik (David Strelec 70’), Lukas Haraslin (Tomas Suslov 70’)

Pelatih: Francesco Calzona

Foto: Reuters