Eksportir Lokal Didorong Naik Kelas Lewat Kemasan Kertas Ramah Lingkungan

Eksportir Lokal Didorong Naik Kelas Lewat Kemasan Kertas Ramah Lingkungan

Eksportir Lokal Didorong Naik Kelas Lewat Kemasan Kertas Ramah Lingkungan

Honicel Indonesia dukung industri ekspor nasional

Surabaya, Kabarindo- Honicel Indonesia, inovator dalam solusi kemasan berkelanjutan, mengumumkan ekspansi bisnis ke Jawa Timur yang menguatkan komitmen perusahaan untuk mendukung ekspor nasional.

Tujuan ekspansi tersebut untuk menghadirkan dukungan maksimal bagi para eksportir di Jawa Timur dan Jawa Tengah, khususnya bagi pengusaha furnitur maupun industri terkait.

Honicel Indonesia merupakan perusahaan joint venture Belanda yang memproduksi kertas honeycomb, honeycomb boards (Honipack, Angleboards, Honicel Paper Pallet dan Honiwrap). Perusahaan ini memiliki pengalaman selama 75 tahun di industri global dan berdiri di Tangerang pada 2018.

Jatim dan Jateng merupakan tulang punggung eksportir utama di Indonesia, yang berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian nasional, khususnya di industri furnitur, tekstil dan manufaktur. Menyadari peran penting dua daerah tersebut dalam ekspor nasional, Honicel Indonesia menyuntikkan investasi lewat fasilitas mesin produksi terbaru dan tercanggih di Jatim untuk memastikan bahwa bisnis lokal dapat mengakses solusi kemasan serta bahan pengemas berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan logistik minimal.

“Ekspansi kami ke Jatim bertujuan mendukung industri ekspor lokal. Dengan mengurangi jarak produksi dan pengiriman, kami bisa membantu kastemer dengan pengiriman lebih cepat dan efisien, dibantu dengan smaller minimum order quantities (MOQs), serta panduan tim expert yang sudah berpengalaman untuk membantu para exportir beralih dari bahan yang tidak ramah lingkungan seperti palet kayu dan styrofoam,” ujar Michael Bestari, Managing Director, Honicel Indonesia.

Sejak mulai produksi di Jatim, Honicel Indonesia telah membawa dampak signifikan, memasok lebih dari 1.000 kontainer produk dari produsen tanah air yang menggunakan kemasan honeycomb ke Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Peralihan ini secara drastis mengurangi konsumsi styrofoam, menegaskan dedikasi Honicel Indonesia untuk mempromosikan dan memotori pemanfaatan kemasan alternatif daur ulang yang ramah lingkungan, yang memungkinkan eksportir lokal bersaing secara global.

Pemakaian bahan ramah lingkungan merupakan mandat konsensus global untuk mengurangi emisi dan jejak karbon. Honicel Indonesia telah meraih Certificate of Accomplishment dari Kadin Net Zero Hub Corporate Assistance Program, yang merupakan inisiatif KADIN dan pemerintah untuk mencapai emisi nol pada 2060.

Honicel Indonesia turut membantu industri-industri di Jatim menerapkan praktik bisnis berkelanjutan yang sesuai dengan tren global. Hal ini seiring dengan tren global yang menjauh dari bahan-bahan yang berbahaya dan merusak lingkungan.

Foto: istimewa