“Cita Rasa Prancis, J'adore!” Ajak Pecinta Kuliner Cicipi Hidangan Prancis

“Cita Rasa Prancis, J'adore!” Ajak Pecinta Kuliner Cicipi Hidangan Prancis

“Cita Rasa Prancis, J'adore!” Ajak Pecinta Kuliner Cicipi Hidangan Prancis

Domicile Kitchen & Lounge di Surabaya sajikan tiga menu Prancis

Surabaya, Kabarindo- Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut Francais d’lndonésie (IFI) dan Business France Indonesia dengan dukungan dari Disciples d’Auguste Escoffier, menyelenggarakan Pekan Gastronomi Prancis yang bertajuk “Cita Rasa Prancis, J'adore!” mulai 1-13 Oktober 2024 di 150 restoran di seluruh Indonesia.

Direktur IFI Surabaya, Sandra Vivier, mengatakan tujuan event tersebut untuk berbagi kekayaan dan keragaman gastronomi Prancis, yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan UNESCO sejak 2010, dan untuk mendorong pertukaran dengan kuliner dan produk Indonesia.

Edisi pertama telah meraih sukses besar, menyatukan 120 restoran di 14 kota di 8 pulau di Indonesia. Seperti tahun lalu, acara ini menggandeng banyak mitra yaitu restoran, hotel, kafe dan toko roti di seluruh Indonesia untuk mempromosikan keanekaragaman masakan Prancis di tempat mereka sebagai bagian dari program Menu ala Prancis.

Di Surabaya, Domicile Kitchen & Lounge menggagas kegiatan memperkenalkan hidangan ala Prancis yang didukung oleh IFI Surabaya. Resto ini mengadakan cooking demo pada Selasa (1/10/2024) bersama Head Chef S. Haribowo yang menyajikan tiga menu, yang akan tersedia selama event tersebut berlangsung. Acara ini menjadi pembuka rangkaian Pekan Cita Rasa Prancis 2024 di Surabaya.

Vivier mengatakan, kota Surabaya menawarkan beragam kuliner mulai dari yang tradisional seperti kuliner Jawa, Madura, Sunda hingga kuliner dari mancanegara yaitu Cina, Jepang, Italia hingga Prancis. IFI ingin lebih mempopulerkan kuliner Prancis dengan menyelenggarakan event tersebut.

Ia mengajak masyarakat, khususnya pecinta kuliner, untuk mengeksplorasi cita rasa hidangan Prancis yang tak kalah enak dengan makanan dari negara-negara lain. Para pecinta kuliner bisa menikmati beragam menu Prancis di resto-resto yang menyajikannya. Di Surabaya, kita bisa menikmatinya di Domicile.

“Kami harap event ini dapat menarik minat masyarakat untuk mencicipi hidangan Prancis,” ujar Vivier.

Chef Haribowo, mengatakan restonya menyajikan tiga menu selama event berlangsung yaitu Chicken Fricassée, olahan paha ayam dipadu dengan saus creamy dari jamur, dan Magret de Canard Fume berbahan daging bebek (smoked duck). Sebagai hidangan penutup yaitu Crème Brulee a la Noix de Coco, dessert khas Prancis dengan garnish almond tuiles.

Menurut ia, ketiga menu tersebut cukup populer dan bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. “Misalnya Chicken Fricassee ini bikinnya cepat, simple, enak dan cocok dengan lidah kita,” ujarnya.

Chef Haribowo menjelaskan, bahan dan bumbu yang digunakan untuk ketiga menu tersebut berasal dari lokal. Misalnya bebek yang menjadi bahan utama Magret de Canard Fume diasap lebih dulu. Untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, diberikan rasa gurih sedikit pada Chicken Fricassée dan Magret de Canard Fume, karena orang Indonesia suka rasa gurih.