AMD Perluas AI dan Kepemimpinan Performa Tinggi di Data Center dan PC

AMD Perluas AI dan Kepemimpinan Performa Tinggi di Data Center dan PC

AMD Perluas AI dan Kepemimpinan Performa Tinggi di Data Center dan PC

Dengan prosesor AMD Instinct, Ryzen dan EPYC Terbaru

Surabaya, Kabarindo- Di ajang pembukaan Computex 2024 di Taipei, Taiwan, pada Senin (3/6/2024), AMD memaparkan arsitektur CPU, NPU dan GPU kepemimpinan baru yang mendukung infrastruktur AI end-to-end mulai dari data center hingga PC.

AMD meluncurkan roadmap akselerator AMD Instinct yang diperluas, memperkenalkan rangkaian tahunan akselerator AI terdepan, termasuk akselerator AMD Instinct MI325X baru dengan kapasitas memori terdepan di industri, yang direncanakan akan tersedia pada kuartal IV/2024. AMD juga meninjau prosesor server AMD EPYC Generasi Kelima, berada di jalur yang tepat untuk diluncurkan pada semester kedua tahun ini, dengan kinerja dan efisiensi terdepan. AMD mengumumkan Ryzen AI 300 Series, prosesor mobile generasi ketiga dengan AMD AI, dan prosesor Ryzen 9000 Series masing-masing untuk laptop dan PC desktop.

Dr. Lisa Su, Chair and CEO AMD, mengatakan AMD mempercepat adopsi AI yang mendorong peningkatan permintaan akan platform komputasi kinerja tinggi AMD meluncurkan prosesor desktop dan notebook Ryzen generasi berikutnya, meninjau kinerja terdepan prosesor EPYC generasi berikutnya, dan mengumumkan langkah tahunan baru untuk akselerator AMD Instinct AI.

Satya Nadella, Chairman and CEO of Microsoft, mengatakan pihaknya antusias bermitra dengan AMD untuk menghadirkan PC Copilot+ baru yang didukung Ryzen AI. Kolaborasi ini akan terus mendorong kemajuan AI bersama-sama di cloud dan edge untuk menghadirkan nilai baru bagi pelanggan.

“Kita berada di tengah peralihan platform AI secara besar-besaran untuk mengubah cara kita hidup dan bekerja. Itu sebabnya kemitraan mendalam dengan AMD sangat penting bagi kami, yang telah mencakup berbagai platform komputasi, mulai dari PC hingga silikon khusus untuk Xbox, dan kini hingga AI,” katanya.

Hadirkan kepemimpinan AI dan komputasi perusahaan untuk data center

AMD merinci roadmap akselerator multi-generasinya yang diperluas, menunjukkan bagaimana mereka berencana untuk menghadirkan keunggulan kinerja dan memori dalam langkah tahunan untuk AI generatif. Roadmap yang diperluas mencakup akselerator AMD Instinct MI325X dengan rencana ketersediaan pada kuartal IV/2024, menghadirkan kapasitas memori terdepan di industri dengan memori HBM3E ultra-cepat sebesar 288GB yang memperluas kepemimpinan kinerja AI generatif AMD. Arsitektur AMD CDNA 4 generasi berikutnya yang diharapkan hadir pada t2025, akan mendukung AMD Instinct MI350 Series dan diperkirakan akan mendorong kinerja inferensi AI hingga 35x lebih baik dibandingkan AMD Instinct MI300 Series dengan AMD CDNA 3. Melanjutkan peningkatan kinerja dan fitur, arsitektur CDNA “Next” akan mendukung akselerator seri MI400 yang direncanakan pada 2026.

Prosesor AMD EPYC Generasi Kelima (dengan codename Turin) akan memanfaatkan core “Zen 5” dan melanjutkan keunggulan kinerja dan efisiensi dari jajaran prosesor AMD EPYC. Prosesor AMD EPYC Generasi Kelima ditargetkan tersedia pada semester II/2024.

Menata ulang PC untuk pengalaman pribadi yang cerdas

AMD merinci core CPU “Zen 5” generasi berikutnya yang dibangun dari dasar untuk kinerja terdepan dan efisiensi energi mulai dari superkomputer dan cloud hingga PC. AMD juga meluncurkan arsitektur core AMD XDNA 2 NPU yang menghadirkan kinerja pemrosesan AI 50 TOPs dan proyeksi efisiensi daya hingga 2x untuk beban kerja AI generatif dibandingkan generasi sebelumnya. NPU berbasis arsitektur AMD XDNA 2 adalah NPU pertama dan satu-satunya di industri yang mendukung tipe data Block FP16 tingkat lanjut, memberikan peningkatan akurasi dibandingkan dengan tipe data presisi lebih rendah yang digunakan oleh NPU kompetitif tanpa mengorbankan kinerja. Bersama-sama, grafis “Zen 5,” AMD XDNA 2 dan AMD RDNA™ 3.5 memungkinkan pengalaman AI generasi berikutnya di laptop yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series.

Di panggung Computex, mitra ekosistem memamerkan bagaimana mereka bekerja sama dengan AMD untuk membuka pengalaman AI baru untuk PC. Microsoft menyoroti kemitraan jangka panjangnya dengan AMD dan mengumumkan bahwa prosesor AMD Ryzen AI 300 Series melampaui persyaratan Microsoft PC Copilot+. HP meluncurkan PC Copilot+ baru bertenaga AMD, termasuk HP Pavilion Aero, dan mendemonstrasikan generator gambar Stable Diffusion XL Turbo yang berjalan secara lokal di laptop HP yang ditenagai oleh prosesor Ryzen AI 300 Series. Lenovo mengungkapkan laptop konsumen dan komersial yang akan dating, yang ditenagai oleh prosesor Ryzen AI 300 Series, dan menyoroti bagaimana mereka memanfaatkan Ryzen AI untuk mengaktifkan perangkat lunak Lenovo AI yang baru. Asus memamerkan portofolio PC AI yang luas untuk pengguna bisnis, konsumen, pembuat konten dan gamer yang didukung oleh prosesor Ryzen AI 300 Series.

AMD juga meluncurkan prosesor desktop Ryzen 9000 Series dengan arsitektur “Zen 5”, memberikan kinerja terdepan dalam gaming, produktivitas dan pembuatan konten. Prosesor Ryzen 9 9950X adalah prosesor desktop konsumen tercepat di dunia.

Secara terpisah, AMD juga mengumumkan kartu grafis workstation AMD Radeon PRO W7900 Dual Slot, yang dioptimalkan untuk menghadirkan kinerja AI terukur untuk platform yang mendukung banyak GPU. AMD juga meluncurkan AMD ROCm 6.1 untuk GPU AMD Radeon, yang dirancang untuk menjadikan pengembangan dan penerapan AI dengan GPU desktop AMD Radeon lebih kompatibel, mudah diakses dan terukur.

Foto: istimewa