AMD Luncurkan Processor Ryzen “Zen 5” Next-Gen, Dukung Pengalaman AI Tingkat Lanjut

AMD Luncurkan Processor Ryzen “Zen 5” Next-Gen, Dukung Pengalaman AI Tingkat Lanjut

 

AMD Luncurkan Processor Ryzen “Zen 5” Next-Gen, Dukung Pengalaman AI Tingkat Lanjut

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan dalam Computex 2024 di Taipei, Taiwan, serangkaian terobosan arsitektur dan produk generasi mendatang yang bertujuan mengantarkan era baru pengalaman AI.

AMD memperkenalkan prosesor Ryzen AI 300 series terbaru dengan Neural Processor Unit (NPU) terkuat di dunia untuk PC AI generasi berikutnya, yang membuka jalan bagi masa depan komputasi yang dilengkapi AI langsung di laptop. AMD juga memperkenalkan prosesor Ryzen 9000 Series generasi berikutnya untuk desktop, yang semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin kinerja dan efisiensi bagi gamers, pembuat konten dan prosumer. Prosesor baru ini menambah portofolio produk yang luas, yang mendukung AI di cloud, edge, klien dan lainnya.

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series dengan Copilot+, membuka dunia pengalaman AI baru pada laptop AI generasi berikutnya. Dibangun pada arsitektur AMD XDNA 2 yang baru, NPU baru ini menawarkan 50 TOPS kekuatan pemrosesan AI, melampaui persyaratan PC Copilot+ AI, dengan kinerja mesin AI tiga kali lipat dibandingkan AMD Ryzen AI generasi kedua. Didukung dengan arsitektur “Zen 5” terbaru, prosesor ini dilengkapi dengan hingga 12 CPU core berkinerja tinggi dengan 24 thread dan memori L3 cache 50% lebih banyak dibandingkan dengan prosesor “Zen 4” sebelumnya untuk laptop tipis dan ringan. Dengan arsitektur AI yang canggih dan kinerja supercharged untuk gaming dan produktivitas elit, generasi ketiga seri Ryzen AI memungkinan kehebatan komputasi laptop yang privat, responsive dan cerdas.

Untuk PC desktop, prosesor desktop AMD Ryzen 9000 Series yang baru mewakili sebuah langkah maju yang signifikan, menawarkan kepada pengguna daya komputasi dan keandalan mutakhir. Dibangun dengan arsitektur “Zen 5” terbaru, prosesor desktop AMD Ryzen 9000 Series menghadirkan kinerja IPC rata-rata 16% lebih baik yang mengesankan dibandingkan arsitektur “Zen 4” prosesor generasi sebelumnya, dengan prosesor tertinggi di dunia, yaitu Ryzen 9. 9950X menghadirkan kinerja desktop konsumen tercepat di dunia.

Jack Huynh, Senior Vice President and General Manager, Computing and Graphics Group AMD, antusias memperkenalkan seri Ryzen 9000, prosesor desktop paling kuat di dunia untuk gamers dan kreator, serta prosesor AMD Ryzen AI generasi ketiga, yang menghadirkan AI terdepan dan kinerja komputasi untuk PC CoPilot+ ultra tipis dan premium.

“Prosesor AMD Ryzen AI 300 series mendorong batas pada apa yang mungkin dilakukan dengan menampilkan performa APU tercepat, NPU paling bertenaga di dunia dengan 50 TOP dan NPU block floating point pertama di dunia, yang menggandakan performa aplikasi 16-bit tanpa mengorbankan akurasi,” katanya pada Rabu (5/6/2024).

Performa terbaik dan produktivitas yang didukung AI

AMD Ryzen AI 300 Series menghadirkan hingga 12 core “Zen 5” performa tinggi dan 24 thread, memberikan performa secepat kilat di laptop elit ultrathin. Dengan mesin AI khusus yang dibangun di atas arsitektur AMD XDNA 2 baru, seri Ryzen AI meningkatkan produktivitas dan kreativitas dengan menangani beban kerja AI lokal secara efisien, menghasilkan konten dan mengotomatisasi alur kerja, sambil mempertahankan efisiensi daya yang luar biasa. Menampilkan arsitektur grafis AMD RDNA 3.5 baru, prosesor ini dilengkapi dengan grafis AMD Radeon Seri 800M terbaru yang dirancang untuk memberikan framerate yang lancar dan pengalaman bermain game AAA.

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series mendefinisikan ulang komputasi laptop dengan fitur-fitur utama berikut :

Performa tak tertandingi

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series menghadirkan kinerja secepat kilat untuk multitasking intensif, gaming imersif dan pembuatan konten yang serius, memudahkan pengguna untuk menangani tugas-tugas berat dengan mudah.

AI yang fokus pada privasi dan responsif

Rasakan kehebatan AI pribadi dengan AMD Ryzen AI yang dirancang untuk pemrosesan beban kerja AI lokal secara efisien. Mulai dari meningkatkan produktivitas hingga mengotomatiskan alur kerja, Ryzen AI meningkatkan daya tanggap dan kreativitas, memungkinkan pengguna menghasilkan konten dan mempercepat tugas dengan lancar.

Daya tahan baterai luar biasa

Nikmati gaming elit dan produktivitas saat bepergian tanpa kompromi, berkat efisiensi prosesor AMD Ryzen AI 300 Series.

Gaming kelas konsol saat bepergian

Kartu grafis AMD Radeon 800M bawaan adalah grafis terbaik di dunia untuk gaming, memastikan pengalaman gaming papan atas dengan frame rate tinggi dan latensi sangat rendah.

Foto: istimewa