Waspada Lelah Saat Menyetir, Hyundai Gowa Berikan Solusi dengan Fitur Consider Take a Break Fitur Hyundai Santa Fe

Waspada Lelah Saat Menyetir, Hyundai Gowa Berikan Solusi dengan Fitur  Consider Take a Break Fitur Hyundai Santa Fe

KABARINDO, JAKARTA -,Kelelahan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya,  terutama saat berkendara jarak jauh.

Mengemudi dalam kondisi lelah bisa sangat 
berbahaya, karena konsentrasi dan respons pengemudi dapat menurun seiring waktu. Bagi 
pengemudi, penting untuk mengenali tanda-tanda kelelahan agar tetap aman di jalan.  Hyundai Gowa membagikan beberapa ciri yang perlu diperhatikan:


1. Durasi Mengemudi
Pengemudi sering kali tidak sadar telah menyetir terlalu lama. Hyundai Gowa 
merekomendasikan istirahat setiap 3 jam sekali untuk mencegah kelelahan berlebih.


2. Pandangan Kabur
Jika pandangan mulai kabur, cahaya pecah, atau tampak berkabut, itu tanda Anda  butuh istirahat. Ambil jeda minimal 1 jam untuk memulihkan kondisi.


3. Pola Mengemudi
Perhatikan durasi mengemudi Anda. Disarankan untuk beristirahat atau melakukan  peregangan setiap dua setengah jam agar tubuh tidak terlalu tegang. Untuk mencegah kejadian yang membahayakan saat berkendara,

Hyundai Santa Fe  menghadirkan teknologi inovatif yang bertujuan menjaga keselamatan pengemudi di jalan  yaitu Driver Attention Warning (DAW). Fitur ini dirancang untuk memantau tingkat  perhatian pengemudi dan memberikan peringatan jika terdeteksi adanya tanda-tanda  kelelahan atau penurunan konsentrasi.

Sebagai bagian dari fitur keselamatan pada kendaraan, Driver Attention Warning 
memberikan informasi kepada pengemudi mengenai Attention Level mereka, atau tingkat 
perhatian saat mengemudi. Informasi ini memungkinkan pengemudi untuk terus memantau kondisi mereka selama perjalanan, terutama dalam perjalanan jarak jauh di mana  pengemudi sering kali mengabaikan kebutuhan untuk beristirahat secara berkala, yang bisa  menyebabkan kelelahan berlebih dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Cara kerja fitur ini sangat canggih. Ketika pengemudi mulai kehilangan fokus, Driver 
Attention Warning akan memberikan peringatan melalui tampilan “cangkir kopi” yang berisi 
pesan "Consider taking a break" di layar cluster kendaraan. 

Selain pesan visual, bunyi peringatan juga akan terdengar untuk memperkuat sinyal bahwa 
pengemudi harus mempertimbangkan untuk beristirahat. Peringatan ini muncul ketika 
sistem mendeteksi bahwa tingkat perhatian pengemudi telah turun di bawah level tertentu, 
yaitu di bawah level 1. Hal ini dilakukan demi memastikan bahwa pengemudi tetap dalam 
kondisi optimal saat mengemudi, terutama ketika mereka mulai menunjukkan tanda-tanda 
kelelahan.

Namun, ada batasan waktu yang ditetapkan agar sistem tidak memberikan peringatan  terlalu dini. Fitur Driver Attention Warning hanya akan menyarankan istirahat setelah  pengemudi telah berkendara lebih dari 10 menit. Selain itu, sistem juga tidak akan  memberikan rekomendasi istirahat jika belum lebih dari 10 menit sejak istirahat terakhir  yang disarankan. Dengan cara ini, Hyundai memastikan bahwa peringatan yang diberikan  benar-benar relevan dan membantu, tanpa mengganggu perjalanan berkendara pengemudi  dengan peringatan yang terlalu sering atau tidak diperlukan.

Yang membuat fitur ini semakin canggih adalah kemampuannya untuk menganalisis pola  mengemudi secara real-time. Sistem akan memantau berbagai faktor seperti pola  mengemudi, kecepatan, dan durasi berkendara untuk menentukan apakah pengemudi  masih dalam kondisi fokus atau sudah mulai kelelahan.

Jika pola mengemudi menunjukkan  tanda-tanda penurunan perhatian, sistem akan segera memberikan rekomendasi untuk  beristirahat. Dengan cara ini, fitur Driver Attention Warning tidak hanya mendeteksi kondisi  pengemudi secara pasif, tetapi juga menganalisis data berkendara untuk memberikan saran 
yang tepat pada saat yang dibutuhkan.

“Hyundai Santa Fe hadir dengan berbagai fitur keselamatan yang sangat bermanfaat,  terutama untuk pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh. Jangan ragu untuk  segera miliki Hyundai Santa Fe dengan mudah melalui pilihan program angsuran ringan dan  berbagai promo menarik dari Hyundai Gowa. Segera lakukan booking test drive di  www.hyundaigowa.com dan rasakan sendiri keunggulan serta kenyamanan yang siap  menemani perjalanan Anda.” ucap Ferry, Chief Operation Officer PT Gowa Modern Motor 
(Hyundai Gowa)

Sesuai dengan tagline Hyundai Gowa, Your First Choice, bagi pelanggan yang ingin  merasakan langsung fitur canggih atau layanan servis lainnya, maka Anda dapat kunjungi ke  diler resmi Hyundai Gowa terdekat untuk mendapatkan jadwal booking test drive atau  servis. Hyundai Gowa merupakan dealer resmi yang tersebar di Indonesia yang dapat  diketahui melalui www.hyundaigowa.com atau Instagram official Hyundaigowa.id .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mobil, layanan servis atau reservasi test drive, silahkan hubungi call center 0812 1000 9400 atau kunjungi www.hyundaigowa.com dan  Instagram @hyundaigowa.id .