Malut United Takluk 1-3 atas Arema, Imran: Kami Kehilangan Konsentrasi

Malut United Takluk 1-3 atas Arema, Imran: Kami Kehilangan Konsentrasi

KABARINDO, BLITAR - “Kami kehilangan konsentrasi. Tetapi, saya tetap memberikan apresiasi kepada pemain yang telah berjuang. Selamat untuk Arema FC atas raihan 3 poin.” 

Demikian pernyataan coach Imran Nahumarury usai Malut United menelan kekalahan 1-3 di Stadion Soepriadi Blitar, markas Arema FC, pada Sabtu (19/10/2024). 

Malut United takluk dari Arema FC setelah sempat unggul melalui gol tendangan bebas Yakob Sayuri pada menit ke-40. Keunggulan yang diciptakan skuad Laskar Kie Raha adalah buah positif dari penampilan meyakinkan di babak I.

Alwi Slamat dkk. mampu melancarkan 3 shot on target dari 5 percobaan tembakan. Ketiga tembakan tepat sasaran di babak I lahir lewat upaya Yakob Sayuri, Hari Nur Yulianto, dan Yance Sayuri.

Berdasarkan jumlah peluang yang tercipta, Malut United tampil lebih mengancam daripada tuan rumah Arema FC. Skuad asuhan Joel Cornelli mencatatkan 2 tembakan tanpa shot on target sepanjang paruh pertama. 

“Para pemain bermain sesuai game plan pada babak pertama. Kendala kami adalah kurang bisa mengonversikan peluang menjadi gol,” kata Imran.

Di babak II, coach Imran menginstruksikan para pemain untuk menjaga tempo. Namun, gol balasan dari pemain pengganti Arema, Wiliam Moreira (51’), merusak momentum yang sebelumnya dimiliki Laskar Kie Raha. 

Malut United merespons gol balasan Arema dengan melancarkan serangan cepat. Pemain yang masuk di jeda menuju babak II, Jorge Correa, langsung menunjukkan perannya.

Correa mengirimkan umpan terobosan kepada pemain pengganti lainnya, Victor Mansaray, yang kemudian dijatuhkan oleh bek Arema FC di kotak terlarang sehingga berbuah penalti. Mansaray sebagai eksekutor belum bisa memaksimalkan peluang emas ini. Bola eksekusinya dimentahkan kiper Arema, Lucas Frigeri.

“Ketika penalti gagal, pemain down. Tetapi apa pun alasannya, pemain harus menjaga konsentrasi hingga akhir pertandingan,” ujar Imran yang tetap mengapresiasi perjuangan skuad asuhannya.

Malut United juga kekurangan agresivitas usai kebobolan. Skuad Laskar Kie Raha melancarkan dua percobaan tembakan tanpa catatan shot on target. 

Di sisi lain, Arema FC tampil lebih berkembang dengan dengan statistik 5 tembakan tepat sasaran dari 5 percobaan.

Penampilan agresif Arema FC berbuah dua gol tambahan hingga laga berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. 

“Saya meminta maaf kepada seluruh pendukung Malut United. Kami sudah bekerja keras, tetapi hasil belum berpihak,” tutur perwakilan pemain, Safrudin Tahar.

Hasil laga kontra Arema FC membuat Malut United tertahan dengan raihan 9 poin dari 8 pertandingan. Setelah ini, Malut United dijadwalkan melakoni laga kandang melawan Barito Putera.

Laga Malut United vs Barito Putera dijadwalkan berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul pada Sabtu (26/10/2024) pukul 15.30 WIB atau 17.30 WIT. Foto: Ist