“Cita Rasa Prancis, J’adore!” Berbagi Kekayaan dan Keragaman Gastronomi Prancis

“Cita Rasa Prancis, J’adore!” Berbagi Kekayaan dan Keragaman Gastronomi Prancis

“Cita Rasa Prancis, J’adore!” Berbagi Kekayaan dan Keragaman Gastronomi Prancis

Diadakan Kedubes Prancis, IFI dan Business France Indonesia mulai 1-13 Oktober 2024

Surabaya, Kabarindo- Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut Francais d’lndonésie (IFI) dan Business France Indonesia dengan dukungan dari Disciples d’Auguste Escoffier, menyelenggarakan Pekan Gastronomi Prancis yang bertajuk “Cita Rasa Prancis, J'adore!” mulai 1-13 Oktober 2024 di 150 restoran di seluruh Indonesia.

Direktur IFI Surabaya, Sandra Vivier, mengatakan tujuan event tersebut untuk berbagi kekayaan dan keragaman gastronomi Prancis, yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan UNESCO sejak 2010, dan untuk mendorong pertukaran dengan kuliner dan produk Indonesia.

Edisi pertama telah meraih sukses besar, menyatukan 120 restoran di 14 kota di 8 pulau di Indonesia. Seperti tahun lalu, acara ini menggandeng banyak mitra yaitu restoran, hotel, kafe dan toko roti di seluruh Indonesia untuk mempromosikan keanekaragaman masakan Prancis di tempat mereka sebagai bagian dari program Menu ala Prancis.

Selama 13 hari, IFI Surabaya dan mitranya mengadakan berbagai kegiatan.

*Pameran resep masakan Prancis dengan buku-buku koleksi IFI di Mediatek IFI Surabaya, mulai Selasa hingga Sabtu, 1-5 Oktober 2024, gratis untuk umum. Diskusi Makanan dan Kesehatan dalam rangka Klub Percakapan Bahasa Prancis di Mediatek IFI Surabaya pada Jumat dan Sabtu, 4-5 Oktober 2024, gratis untuk anggota IFI.

* Workshop demo dan pencicipan kuliner khas Prancis. Workshop coklat di IFI Surabaya, pada Kamis 10 Oktober 2024, pendaftaran gratis. Workshop keju di IFI pada Sabtu, 12 Oktober 2024, berbayar untuk bahan-bahannya.

* Workshop penulisan buku menu ala Prancis di IFI Surabaya pada Kamis, 10 Oktober 2024, pendaftaran gratis.

* Pemutaran film Prancis “La Belle Etoile” dengan terjemahan dalam Bahasa Inggris pada Jumat 11 Oktober 2024, gratis untuk umum. Film ini karya Sébastien Tulard yang dirilis pada 2023, berkisah tentang seorang pemuda berlatar belakang imigran yang menghadapi prasangka dunia tertutup pastry Prancis dan mengungkap bakatnya,

IFI Surabaya juga mengangkat bidang gizi dan kesehatan serta mengadaan kegiatan pendidikan untuk anak-anak dan remaja di sekolah mitra pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Pada tahun ini IFI menghadirkan Chef David Gallienne, pemenang kompetisi memasak Top Chef France pada 2020 dan dianugerahi bintang Michelin untuk restorannya Le Jardin des Plumes di Giverny, sebuah penghargaan yang sangat bergengsi di dunia kuliner. Ia akan melakukan perjalanan ke beberapa kota di Indonesia dan di Surabaya pada 7-9 Oktober untuk mengeksplorasi produksi pertanian di wilayah Batu. Chef Gallienne akan memberikan demo kuliner di Universitas Ciputra dan bertemu dengan Chef lokal. la juga akan memimpin jamuan makan malam dengan hidangan khasnya di Marriott pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Menurut Vivier, Pekan Gastronomi Prancis tidak hanya ditujukan untuk para profesional kuliner, tetapi juga untuk masyarakat umum. Ada kompetisi resep masakan Prancis yang diselenggarakan di Instagram terbuka bagi siapa saja yang memiliki hobi memasak dan kecintaan terhadap masakan Prancis. Pemilik 10 resep terbaik akan diundang ke Jakarta untuk memperebutkan hadiah utama berupa tiket pesawat Jakarta-Paris pulang-pergi serta dana untuk perjalanan selama satu minggu dan visa.